Lebih Mahal dari CX-3, Seberapa Laris Mazda CX-30 di Indonesia?

Oleh Arief Aszhari pada 25 Feb 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 25 Feb 2020, 13:00 WIB
Mazda
Perbesar
Mazda CX-30 resmi meluncur di Indonesia. (Dian / Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan all new Mazda CX-30 beberapa waktu lalu. Model ini, mengisi posisi di atas CX-3, dengan selisih harga yang tak terlalu jauh, sekitar Rp50 jutaan.

Dengan posisi sebagai penantang baru di segmen medium sport utility vehicle (SUV) yang sudah dipenuhi oleh pemain lama yang telah berkuasa di pasar tersebut, seberapa laris Mazda CX-30 di Indonesia?

Dijelaskan Fedy Dwi Parileksono, Head of Department Public Relations and Media Communications PT EMI, sejak diluncurkan penerimaannya oleh konsumen cukup baik. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah inden atau surat pemesanan kendaraan (SPK) di setiap kota peluncuran regional.

"Setelah peluncuran di Jakarta, kita juga roadshow ke kota-kota lain, seperti Surabaya, Palembang, Bandung, Semarang, Solo, dan Bogor. Rata-rata inden sekitar 10 sampai 14 unit di hampir setiap kota, bahkan di kota kecil, bisa sampai 10 unit," jelas Fedy saat berbincang dengan wartawan, di sela-sela media test drive Mazda CX-30 di Bandung, Jawa Barat, Senin (24/2/2020).

Lanjut Fedy, untuk total jumlah pemesanan Mazda CX-30 sendiri, hingga saat ini sekitar hampir 80-an unit. "Daerah kontribusi paling banyak tetap di Jabodetabek, dan Jakarta pasti paling besar," tegasnya.

Sementara itu, berbicara target untuk Mazda CX-30, jenama asal Jepang ini berharap bisa menjual sebanyak 400 unit hingga akhir tahun. Sedangkan untuk pengirimannya, sudah dilakukan secara bertahap, karena unitnya memang sudah tersedia alias ready stock.

2 dari 2 halaman

Ready Stock

"Pengiriman sudah sejak Februari, dan sudah banyak yang datang. Tinggal pengurusan dokumen saja, seperti STNK, form A, dan lain-lain. Untuk yang dikirim memang belum banyak, karena pengurusan dokumen tersebut," pungkasnya.

Sekedar informasi, Model ini hadir dengan dua tipe, Touring dan GT. Untuk Mazda CX-30 Touring dipatok Rp 478,8 juta. Sementara Mazda CX-30 Touring (soul red crystal/machine grey) dibanderol Rp 482,8 juta.

Sedangkan Mazda CX-30 GT berada di angka Rp 518,8 juta dan Mazda CX-30 GT (soul red crystal/machine grey) Rp 522,8 juta. Seluruh harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

 

Lanjutkan Membaca ↓