Kia Rio Terbaru Mulai Diuji, Ini Penampakannya

Oleh Liputan6.com pada 24 Feb 2020, 18:32 WIB
Diperbarui 24 Feb 2020, 18:32 WIB
Kia
Perbesar
Kia Rio tengah diuji di daerah bersalju. (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Kia dikabarkan tengah menguji model terbaru dari hatchback andalannya, Rio. Pengujian dilakukan di jalanan bersalju di Semenanjung Skandinavia.

Dari spsyhot yang didapat oleh Carscoops.com itu, tampak KIA Rio terbaru dibalut kamuflase. Namun, tampaknya ini tidak 100 persen baru atau all-new, melainkan hanya facelift.

Berdasarkan foto tersebut terlihat bahwa KIA Rio akan dibekali bumper baru. Selain itu, sepasang lampu utamanya juga didesain ulang dan mengapi gril yang lebih besar. Peleknya pun tampak semakin modern dan sporty.

Sayangnya belum ada bocoran terkait interiornya. Kemungkinan besar kabin KIA Rio akan tetap tampak sederhana, namun dengan motif jok dan door-trim baru. Tampaknya, mobil ini nantinya memiliki head-unit yang lebih canggih.

 

Untuk urusan performa, KIA Rio diprediksi akan bertahan dengan mesin lamanya, 4-silinder DOHC 1.368 cc. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 ps dan torsi 133 Nm.

Hanya saja, prototype KIA Rio terbaru ini tak akan muncul di ajang Geneva Motor Show 2020 pada Maret mendatang. Kemungkinan, wujudnya baru akan diungkap di tahun 2021.

Sumber: Otosia.com

2 dari 2 halaman

Kia Seltos Diesel Terdaftar di Samsat DKI Jakarta, Intip Bocoran Harganya

Sementara itu di Indonesia, setelah meluncurkan Kia Seltos pada Januari lalu, Kia rupanya sedang mempersiapkan Seltos bermesin diesel di Indonesia. Hal itu terungkap dalam situs resmi Samsat DKI Jakarta.

Pada situs tersebut jelas terdaftar kode SELTOS 1.5 DIESEL AT. Artinya, SUV penantang Honda HR-V itu akan menggunakan mesin diesel 1.500 cc dan hanya tersedia dalam transmisi otomatis.

 

Sebelumnya, varian ini telah beredar lebih dulu untuk pasar otomotif India. Di Negeri Bollywood, dapur pacu tersebut dikawinkan dengan turbocharger dan menghasilkan tenaga 113 Tk dan torsi 250 Nm.

Pihak Kia India mengklaim bahwa konsumsi bahan bakar Kia Seltos 1.5 Diesel ini bisa mencapai 17,8 km/liter. Kemungkinan besar tak ada perbedaan di segi desain maupun fitur dengan varian bensin.

Menyoal harga, pada situs resmi Samsat DKI Jakarta, tercantum juga NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) KIA Seltos Diesel mencapai Rp242 juta

Sebagai perbandingan, NJKB KIA Seltos 1.4 mencapai Rp223 juta dengan harga resmi Rp295 juta untuk varian terendahnya. Artinya, harga resmi adalah 132 persen nilai jual.

Jika berpatok pada perbandingan tersebut, harga KIA Seltos Diesel nantinya akan berkisar di angka Rp314-327 jutaan. Nominal tersebut jelas lebih tinggi dibanding varian bensin.

 

Lanjutkan Membaca ↓