Jangan Malas Cuci Motor Saat Musim Hujan, Ini Alasannya

Oleh Arief Aszhari pada 23 Feb 2020, 15:15 WIB
Diperbarui 23 Feb 2020, 15:15 WIB
Ini Bahayanya Alat Steam Saat Cuci Motor
Perbesar
Pada umumnya tempat pencucian motor di Indonesia menggunakan alat semprot bertekanan tinggi atau steam untuk merontokkan kotoran

Liputan6.com, Jakarta Intensitas hujan beberapa waktu belakang masih sangat tinggi. Bahkan, hujan turun berlangsung lama, dan tidak jarang menyebabkan genangan atau banjir dan pastinya membuat pemilik motor malas jika harus membersihkan kendaraannya setiap selesai digunakan.

Bagi sebagian pemilik yang malas mencuci kuda besinya, punya alasan masuk akal, karena akan menjadi sia-sia karena akan kotor lagi jika digunakan sesaat hujan. Namun, pemikiran tersebut salah, karena meskipun musim hujan penting selalu mencuci motor, karena air hujan berpotensi merusak komponen secara perlahan.

Berikut, akibat malas mencuci motor saat musim hujan, seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1) Mesin bisa overheat

Hal pertama yang akan dirasakan karena tidak mencuci motor di kala musim hujan adalah mesin bisa menjadi overheat dikarenakan bekas air hujan yang mengendap telah menjadi kotoran setelah cukup lama dan bersarang di radiator. Kalau sudah seperti itu hampir pasti mesin akan mengalami panas berlebihan atau biasa di sebut overheat.

2) Rusaknya suspensi

Selain mesin, suspensi juga menjadi part yang dapat rusak setelah kotoran dari air hujan dibiarkan saja. Kotoran itulah yang dapat menyebabkan suspensi menjadi mengeluarkan suara decit yang cuckup mengganggu dan juga fungsinya jadi berkurang dan tidak empuk.

2 dari 3 halaman

3) Rantai akan berkarat

Tidak menutup kemungkinan rantai akan kena imbasnya karena terkena langsung dengan air serta kotoran dari jalan yang tergenang air. Jika dibiarkan rantai akan mengalami karat dan mengeluarkan bunyi yang membuat tidak nyaman dan setelah itu mungkin juga rantai bisa patah atau putus karena tidak cukup pelumas serta kering berkarat.

4) Part berbahan logam

Selain rantai ada juga yang akan berkarat yaitu part-part yang berbahan logam di motor, seperti halnya velg, kick starter, standar dan lain-lain. Air hujan yang tidak segera di bersihkan akan membuat part yang terbuat dari logam ini cepat karatan dan jika part tersebut karatan fungsinya pun juga akan terganggu serta jadi tidak enak untuk dilihat.

5) Body menjadi kusam

Kotoran yang menempel di body dan dibiarkan akan menyebabkan body menjadi kusam, dan juga dibagian kaki-kaki motor juga dapat menimbulkan kerak kotoran yang sulit untuk dibersihkan nantinya. Terlebih lagi akan menimbulkan water spot atau bercak di motor yang membuat motor terlihat tidak terawat.

 

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓