Pikap Peugeot Landtrek Jelajah Pasar Amerika Latin dengan Fitur Sedan

Oleh Liputan6.com pada 23 Feb 2020, 16:10 WIB
Diperbarui 23 Feb 2020, 16:10 WIB
Peugeout Landtrek

Liputan6.com, Jakarta Tidak lazim menyebut Peugeot sebagai produsen mobil pikap. Tapi kali ini, ada bukti kuat produsen mobil asal Prancis ini bermain di sektor komersial. Ya, Peugeot Landtrek jadi buktinya.

Ditujukan untuk pasar Amerika Latin dan Afrika, mudah ditebak, mobil ini merupakan hasil kolaborasi. Peugeot bekerjasama perusahaan asal Cina, yang memang dikenal besar di dunia otomotif sana, yakni Changan. Ia menggunakan platform baru dan mempunyai saudara kembar bernama Changan Kaicheng F70.

Gaya Peugeot Landtrek tampak garang, terutama bagian wajah dengan dual tone, antara kap dengan bumper terang dengan bumper hitam yang dominan. Dilansir dari situs Motor1 (21/02), ia ditawarkan dalam tiga versi: single cabin, double cabin dan chassis cabin. Bahkan mereka juga disuguhkan dengan berbagai versi, dengan penyematan beragam aksesori, sehingga bisa mencakup semua segmen konsumen.

Secara dimensi, ketiganya punya lebar 1.920 mm. Sementara panjangnya berbeda. Double cabin mencapai 5.330 mm, single cabin dan chassis cabin 5.390 mm. Berdasarkan keterangan produsen otomotif berlambang Singa itu, Peugeot Landtrek sudah diuji jalan sejauh 2 juta kilometer. Dalam berbagai kondisi jalan maupun cuaca.

Peugeout Landtrek
Peugeout Landtrek bagian dari kolaborasi dengan pabrikan Cina, Changan untuk ekspasi ke Amerika Latin dan Afrika. (Peugeot)
2 dari 3 halaman

Dua Varian Mesin

Peugeot Landtrek
Peugeout Landtrek bagian dari kolaborasi dengan pabrikan Cina, Changan untuk ekspasi ke Amerika Latin dan Afrika. (Peugeot)

Tersedia dalam dua pilihan penggerak 4x2 dan 4x4, Landtrek ditenagai mesin bensin 2,4-liter yang menghasilkan 212 PS dan torsi 320 Nm. Seluruh daya disalurkan ke roda melalui dua opsi transmisi, manual Getrag dan otomatis Punch 6-speed. Varian otomatis disokong mode berkendara yang terdiri dari Sport, Eco dan Sequential.

Ada pula pilihan mesin diesel berkubikasi 1,9-liter. Tenaganya lebih kecil, 152 PS, tapi momen puntirnya lebih besar 350 Nm. Ini dikombinasikan transmisi manual saja.

Adapun bobotnya mencapai 1.950 kg untuk double cabin dengan penggerak roda depan. Sedangkan 4x4 transmisi manual 2.030 kg dan otomatis 2.060 kg. Kemampuan angkutnya luar biasa, mencapai 1,2 ton dan towing 3 ton.

 

3 dari 3 halaman

Kabin Mewah

Peugeout Landtrek
Peugeout Landtrek bagian dari kolaborasi dengan pabrikan Cina, Changan untuk ekspasi ke Amerika Latin dan Afrika. (Peugeot)

Kabin dibuat mewah, bahkan seolah diambil sebagian dari banyak model Peugeot. Contohnya kemudi two-spoke dari 3008 dan head unit layar sentuh 10 inci milik 508. Gaya seperti ini sangat cocok untuk mengejar segmen penumpang, dengan pilihan baris belakang dua atau tiga kursi.

Bukan cuma mengangkut barang di baknya, pengguna juga bisa menyimpan di dalam kabin. Jok belakang dapat dilipat dan mampu menopang beban hingga 100 kg, dengan volume 25 liter. Peugeot bakal menjualnya dengan berbagai fitur canggih, seperti dual-zone climate control otomatis, lampu depan dan belakang LED, hingga trailer swing control.

Termasuk pula kamera empat arah untuk memastikan keamanan saat melewati medan offroad atau jalan sempit. Kemudian safety lainnya berupa hill descent control, enam kantung udara, electronic stability program dan lane departure warning. Sayang, ketiganya belum dirilis berapa harga jualnya.

Sumber: Oto.com (Hfd/Tom)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

KIA Seltos