Sukses

Meski Sepele, 1 Hal Ini Sering Dilupakan Bikers

Semua orang yang berkendara di jalan raya harus mengutamakan keselamatan berkendara. Tak hanya saat kendaraan sudah melaju, keselamatan berkendara bisa dilakukan bikers sebelum mengendarai motor.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang yang berkendara di jalan raya harus mengutamakan keselamatan berkendara. Tak hanya saat kendaraan sudah melaju, keselamatan berkendara bisa dilakukan bikers sebelum mengendarai motor.

Satu hal yang kerap diabaikan oleh pengendara motor adalah safety check. Langkah ini sebenarnya sederhana, tapi mungkin banyak yang menganggapnya remeh.

"Saat akan mengendarai sepeda motor memang lebih baik melakukan pengecekan kendaraan, tapi ini jarang dilakukan," kata Instruktur Safety Riding PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) distributor sepeda motor Honda Jatim dan NTT Hari Setiawan, saat pelatihan safety riding bersama awak media, Rabu (19/2/2020), di MPM Learning Centre Sedati.

 

Safety check ini terdiri dari pengecekan secara menyeluruh untuk kendaraan. Mulai dari kondisi rem, tekanan ban, rantai, spion, dan komponen kendaraan lain. Jika terasa sudah aman dan tak ada masalah maka berkendara pun akan lebih aman dan nyaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Safety Check

"Safety check itu intinya memastikan kondisi kendaraan aman baru naik. Ini juga bisa menjadi terjadinya kecelakaan saat berkendara," terang Hari.

Selain itu, pengendara juga harus mengenakan perlengkapan berkendara standar dan wajib. Yakni, helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu. Jangan lupa pula untuk membawa surat-surat berkendara, yakni SIM dan STNK.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini