Sukses

Cari Asuransi Kendaraan, Pertimbangkan Lima Hal Penting Ini

Jenis asuransi harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan jenis apa yang tepat dan sesuai kebutuhan. Salah satu jenis asuransi yang banyak digunakan saat ini ialah all risk dan total loss only (TLO).

Liputan6.com, Jakarta - Jenis asuransi harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan jenis apa yang tepat dan sesuai kebutuhan. Salah satu jenis asuransi yang banyak digunakan saat ini ialah all risk dan total loss only (TLO).

Selain menjamin segala kerusakan yang terjadi pada mobil, pemilik asuransi all risk juga bisa melakukan klaim meski kendaraan hanya mengalami goresan.

Hal tersebut berbeda dengan asuransi TLO yang hanya memberikan proteksi saat mobil mengalami kerusakan berat atau hilang dicuri.

Selain pertimbangan itu, berikut terdapat lima hal yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi seperti dilansir Garda Oto.

Perhitungkan Manfaat yang Didapatkan

Bandingkan terlebih dahulu besaran premi dan manfaat yang akan diperoleh. Jangan sampai pemilik salah melakukan perhitungan.

Perhatikan Biaya yang Tidak Ditanggung

Sebelum memilih asuransi, pemilik kendaraan harus benar-benar teliti serta memahami syarat dan ketentuan dari pihak perusahaan asuransi.

Salah satunya, menanggung kerusakan mobil. Pahami apa saja biaya yang tidak dilindungi oleh pihak asuransi, sehingga tak mengalami kerugian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih Perusahaan Asuransi Terpercaya

Saat ini, terdapat banyak perusahaan yang sudah menjual asuransi mobil. Oleh sebab itu, pemilik mobil perlu selektif dalam memilih perusahaan asuransi seperti pilihlah perusahaan yang telah diakui oleh OJK.

Perhatikan Kondisi Mobil Sebelum Mendaftar

Sebelum mendaftar asuransi perhatikan terlebih dahulu kondisi mobil, apakah ada kerusakan atau tidak. Perusahaan asuransi berhak menolak kerusakan yang terjadi apabila di luar perjanjian polis asuransi.

Pilih Mobil yang Tidak Melebihi Budget

Besaran premi yang dibayarkan dipengaruhi oleh harga mobil di pasaran. Setiap mobil memiliki rate asuransi yang berbeda berdasarkan jenis mobil, tahun keluaran dan pelat mobil.

Dengan memilih mobil yang memiliki harga tidak terlalu tinggi, maka premi yang dibayarkan pun tidak terlalu besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini