Sukses

New Kawasaki Z900 Sapa Indonesia dengan Harga Lebih Mahal

Model terbaru Kawasaki Z900 resmi masuk pasar Indonesia tanpa perayaan khusus. Naked bike andalan Kawasaki ini mendapat sejumlah penyegaran bahkan kini banderolnya lebih mahal Rp 15 juta dibanding pendahulunya.

Liputan6.com, Jakarta - Model terbaru Kawasaki Z900 resmi masuk pasar Indonesia tanpa perayaan khusus. Naked bike andalan Kawasaki ini mendapat sejumlah penyegaran bahkan kini banderolnya lebih mahal Rp 15 juta dibanding pendahulunya.

Pertama, Kawasaki Z900 menawarkan tampilan baru. Dimulai dari wajah, bentuk headlamp-nya kini sedikit pesek. Meski begitu tetap agresif, lantaran cover lampu model lama dengan garis dan sudut tajam masih dipertahankan. Di bagian dalam, penerangan LED menjadi terapan paling baru. Sama pula seperti lampu sein.

Tarikan tegas pun menyasar area shroud. Bagian ini dibuat lebih besar, namun tetap aerodinamis. Sementara kebaruan paling kentara adalah desain under cowl baru. Sedangkan bagian lain seperti cover engine justru dibuat simple.

Hal baru kedua Z900 2020 terletak pada penampang informasi kendaraan. Terdapat panel instrumen model TFT full colour, berukuran 10,9 inci. Layarnya bisa disetel sesuai keinginan, menjadi negative maupun positive display.

Atau bisa juga di setel otomatis. Layar berubah seketika, mengikuti kondisi cahaya sekitar. Isinya serba digital, ada posisi gigi, shift light, tripmeter, jam, RPM, serta indikator Eco, sebagai pemandu berkendara hemat bahan bakar.

Nah, terapan ketiga inilah yang menjadi awal kecanggihan Z900. Kini ia menyediakan fitur konektivitas gawai berbasis Bluetooth. Pemilik dapat mengetahui kondisi motor via aplikasi Kawasaki Own Rideology dari smartphone-nya.

Kebaruan juga mestinya merujuk pada performa. Kenyataannya, tak ada ubahan pada konfigurasi mesin DOHC 4-silinder 948 cc itu. Tenaganya dipatok sama, 123 Hp/9.500 rpm.

Pun dengan torsi maksimal yakni 98,6 Nm di putaran 7.700 rpm. Namun, berkat pengaturan ulang clutch damper spring dan setting injeksi, akselerasi dan deselerasi jadi lebih halus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubahan Lainnya

Pihak pabrikan mengklaim ada sedikit ubahan pada komponen saluran buang. Konstruksi pre-chamber dan silencer dirancang ulang agar keluaran suaranya makin berisik. Bukan cuma lantang, sekarang si kuda besi pun sudah memenuhi standar emisi Euro 5. Dipenuhinya berkat peningkatan catalytic converter.

Lantas bagaimana dengan handling? Rupanya sasis tubular serta swingarm telah diperkuat. Alhasil, berdampak pula pada pengaturan ulang suspensi depan maupun belakang.

Sebagai penyempurna lantaran Z900 anyar kini kedapatan fitur mode berkendara. Terdapat 4 penyetelan: Sport, Road, Rain dan Manual untuk pengendara. Sajian ini kemudian dipadukan lagi dengan KTRC (Kawasaki Traction Control). Berfungsi mengontrol traksi roda belakang agar tidak selip.

Juga tak ketinggalan, pembeli Z900 paling baru mendapatkan sepasang ban New Dunlop Sportmax Roadsport 2. Karet bundar itu diklaim dapat memenuhi kebutuhan riding untuk berbagai kondisi, baik dalam maupun luar kota bahkan rute pegunungan.

Itulah daftar kebaruan yang dibawa Kawasaki Z900 2020. Kini ia dibanderol Rp 250 juta (OTR Jabodetabekser). Kami rasa kenaikan Rp 15 juta dari Z900 lama, terbilang relevan dengan sajiannya sekarang ini. Street fighter berkelir Metallic Graphite Gray / Metallic Spark Black ini juga jadi satu-satunya pilihan Anda. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.