Sukses

Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menambah line-up product mereka dengan menghadirkan Suzuki XL7. Model anyar ini dikembangkan dari platform Suzuki Ertiga.

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menambah line-up product mereka dengan menghadirkan Suzuki XL7. Model anyar ini dikembangkan dari platform Suzuki Ertiga.

Meski satu platform, ada banyak perbedaan komponen antara XL7 dengan Ertiga. "Makanya XL7 ini kami sebut baru karena hampir 300 part berbeda dengan Ertiga," jelas Marketing Director 4W PT SIS Donny Saputra.

Dirinya mencontohkan basis mesin yang digunakan XL7 sama dengan Ertiga. Meski demikian, ada beberapa hal berbeda untuk menyesuaikan karakter XL7 yang diklaim mampu melalui segala medan.

"Body control modul (BCM) sama ECU (engine control unit) totally different, kaki-kaki juga, ruang bakar juga ada perbedaan karena SUV membutuhkan karakter yang berbeda dibanding LMPV," papar Donny.

"Mesinnya sama pakai K15B, output juga hampir sama tapi driving feel-nya beda," tambahnya.

Mengenai efisiensi bahan bakar, Suzuki XL7 disebutkan sedikit lebih boros dibanding Ertiga. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

"Konsumsi bahan bakar XL7 angkanya sekira 15,78 km per liter untuk tipe matiknya, kalau Ertiga kan 16,43 km/l. Selisih sedikit lah, tapi masih irit. Banyak faktor penyebabnya, bisa bobot, ukuran ban, kaki-kaki," ujar Donny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipe dan Harga

Sekadar informasi, Suzuki XL7 hadir dalam tiga varian, yakni Zeta, Beta dan Alpha. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 267 juta on the road Jakarta.

Untuk pilihan warna, tipe Zeta dan Beta, meliputi Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Metallic Magma Grey.

Sedangkan tipe Alpha di antaranya Rising Orange + Black, Brave Khaki + Black, Prime Cool Black, dan Prime Snow White.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.