Sukses

Hati-Hati, Tiga Hal Ini Bisa Sebabkan Mobil Terbakar

Masalah pada mobil membuat pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Masalah pada mobil membuat pemilik kendaraan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan. Dari segi keamanan dan kenyamanan mobil tentunya lebih unggul dibandingkan kendaraan roda dua.

Meski aman, salah satu hal yang harus diperhatikan ialah menghindari terjadinya kebakaran pada mobil. Penyebab mobil terbakar dipengaruhi dua faktor yakni faktor eksternal dan internal.

Untuk mengetahui penyebab mobil terbakar tidaklah sulit. Terdapat tiga penyebab utama atau internal terjadinya kebakaran pada mobil.Kenali dan pelajari hal tersebut untuk menghindari jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya.

Berikut hal-hal yang menyebabkan mobil terbakar, seperti dilansir Garda Oto.

1. Kebocoran Bahan Bakar dan Oli

Setiap kendaraan pasti memiliki bahan bakar, seperti oli, bensin, solar bahkan cairan pendingin. Semua cairan tersebut akan mudah terbakar jika saluran selang dan tangki mengalami kebocoran.

Kebocoran pada saluran bahan bakar menjadi penyebab utama kebakaran pada mobil. Dalam suhu sekitar 7.2 derajat celsius atau percikan kecil yang berasal dari mesin akan menyebabkan mobil mudah terbakar.

Cara terbaik mencegah hal tersebut ialah merawat saluran sistem sirkulasi pada bahan bakar dan oli. Jika Anda mencium bau bahan bakar di sekitar mesin segara cari tahu penyebabnya dan perbaiki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kerusakan Listrik

Penyebab mobil terbakar lainnya ialah terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan. Aki mobil yang bermasalah dapat menyebabkan timbunan gas hidrogen pada ruang mesin, sehingga kebakaran bisa terjadi.

Gas akan bocor jika terdapat kerusakan pada kabel aki. Percikan api pada gas akan dengan mudah menyebabkan kebakaran.

Kebakaran pada sistem kelistrikan tentu membawa dampak serius. Pasalnya sistem kelistrikan tidak hanya berada di kap mobil, namun juga komponen.

3. Mesin Mengalami Over Heat

Mesin terlalu panas akibat pemakaian yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran pada mobil. Panasnya mesin mobil akan menyebabkan kebocoran pada saluran oli.

Jika saluran oli bocor dan menetes ke bagian yang bisa memetik api, tentu kebakaran pada mobil bisa terjadi. Saat terjadi kondisi over heat biasanya disebabkan oleh kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.