Buat Pengemudi Pemula, Ini Tips Parkir Mundur yang Benar

Oleh Liputan6.com pada 13 Feb 2020, 13:08 WIB
Diperbarui 13 Feb 2020, 13:08 WIB
Ilustrasi parkiran mobil

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengemudi pemula, salah satu hal yang menyebalkan adalah parkir mundur. Meski mobil-mobil keluaran terbaru telah dilengkapi kamera parkir mundur, hal itu tetap saja menyulitkan pengemudi pemula.

Pengemudi yang sudah berpengalaman pun terkadang bisa menghadapi situasi yang sama terutama saat harus memarkir kendaraan yang berbeda.

Kunci untuk melatih teknik memarkirkan kendaraan memang hanya ada satu cara. Kamu harus berlatihan berulang kali agar mobil bisa terparkir dengan tepat dan tak menyerobot lahan orang.

Mengutip laman Garda Oto, Kamis 13 Februari 2020, teknik memarkirkan kendaraan memang harus memperhitungkan berbagai faktor. Selain ketepatan posisi mobil, kamu juga harus memikirkan cara untuk memindahkan mobil dari tempat parkir.

Kamu cukup beruntung jika ada tukang parkir yang membantu. Namun jika tak ada bala bantuan, ada baiknya kamu berlatih mempelajari empat tips memarkir kendaraan berikut ini. Tips ini terutama berguna untuk kamu yang masih berstatus sopir pemula.

Membuka jendela mobil

Kamu bisa membuka jendela mobil dan mematikan audio karena bisa mengganggu konsentrasi. Dengan membuka jendela kendaraan, kamu bisa langsung melihat kondisi di luar mobil dengan lebih jelas.

Kekurangan cahaya akibat terhalang kaca jendela yang gelap akan mempengaruhi pandangan terhadap benda-benda di sekitarmu. Membuka kaca mobil juga memberikan jangkauan penglihatan yang lebih luas.

Memperkirakan jarak mobil

Sebelum parkir, pastikan jarak antara mobilmu dengan dinding atau kendaraan lain cukup untuk membuka pintu. Perhitungkan jarak antara sisi kanan dan kiri mobil dengan teliti terlebih dahulu.

 

2 dari 2 halaman

Memperhatikan Kaca Spion.

Banyak orang menyepelekan fungsi spion mobil. Padahal, ini menjadi salah satu bagian terpenting untuk bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Lewat kaca spion kamu bisa melihat bagian ujung mobil. Kamu bisa tahu apakah bagian belakang mobil akan menabrak suatu benda atau tidak.

Memanfaatkan Kamera Belakang Mobil

Bantuan teknologi ini akan mempermudah kamu memarkir mobil. Jika tak memiliki kamera belakang, kamu bisa membelinya terpisah dan meminta bantuan teknisi untuk memasangnya.

Kamera belakang sangat membantu melihat lebih jelas kondisi bagian belakang mobil saat akan diparkir. Dengan melihat sebuah monitor yang terhubung dengan kamera di belakang, kamu tak perlu lagi membuka kaca mobil atau melihat spion.

Setelah memarkir mobil di tempat yang tepat, jangan lupa untuk menggunakan rem tangan untuk mencegah mobil tergelincir dari tempat parkir.

Sumber: Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Merasakan Toyota Rush Generasi Terbaru