Sukses

Tenaga Skutik Listrik Yamaha Sebanding Moge

Sejumlah pabrikan sepeda motor menyakini sepeda motor bertenaga listrik akan menjadi kendaraan masa depan. Tak hanya, Honda, Kawasaki ataupun BMW Motorrad, Yamaha pun tak menutup mata akan hal itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pabrikan sepeda motor menyakini sepeda motor bertenaga listrik akan menjadi kendaraan masa depan. Tak hanya, Honda, Kawasaki ataupun BMW Motorrad, Yamaha pun tak menutup mata akan hal itu.

Meski begitu, mengutip dari Asphalt & Rubber, pabrikan berlogo garpu tala itu ternyata melakukan hal yang berbeda.

Sebenarnya, Yamaha menawarkan prototype motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 47 Tk hingga 268 hp. Jelas, itu adalah daya yang besar, setara motor 500 cc sampai 1.000 cc di kelas superbike.

 

Purwarupa ini merupakan serangkaian sistem magnet atau disebut sebagai Interior Permanent Magnet Synchronous Motors (IPMSM). Yamaha mengklaim motor listrik itu dapat digunakan dalam beragam desain dan kegunaan.

Pasti Yamaha menciptakan motor listrik ini untuk penerapan kendaraan roda empat. Tapi, tak menuntup kemungkinan akan ada perusahaan yang memasangnya pada sepeda motor.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motor Listrik Konsep Terdahulu Yamaha

Bahkan, menurut sumber yang sama, tak menutup kemungkinan bahwa Yamaha akan mengembangkan produk sendiri dari IPMSM tersebut. Pasalnya, berbagai pabrikan telah mulai mengembangkan motor listrik.

Sebelumnya, Yamaha pernah beberapa menampilkan motor listrik konsep, mulai 2013 dengan PES 1, PES 2 di 2018, hingga yang terbaru Yamaha E01 dan E02 yang diungkap pada gelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu.

Namun, dari semua itu, belum ada 1 pun yang tampaknya akan diproduksi massal. Bisa jadi dengan hadirnya IPMSM, pabrikan asal Jepang ini akan mulai mempersiapkan motor listrik dengan kemampuan setara superbike.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.