Sukses

Perayaan 50 Tahun di Indonesia, Mercedes-Benz Pamer Mobil Pertama di Dunia

Sebagai mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen telah menjadi simbol kepioniran dari semangat kesempurnaan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu mobil mewah di Indonesia, Mercedes-Benz baru saja merayakan 50 tahun keberadaannya di Indonesia. Jenama asal Jerman ini sendiri, memiliki sejarah panjang di dalam negeri. Pada 1894 mereka menghadirkan kendaraan pertama di Jawa, yaitu Benz Victoria Phaeton yang dimiliki oleh Sultan Solo, Pakoe Boewono X.

Merayakan tahun emas kehadirannya di Indonesia, Mercedes-Benz memajang mobil pertama di dunia. Pada 29 Januari 1886, Carl Benz mengajukan paten kendaraan bermotor roda tiga yang diciptakannya untuk pertama kali di Berlin.

Sebagai mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen telah menjadi simbol kepioniran dari semangat kesempurnaan. Pada waktunya, kendaraan bermotor roda tiga ini menunjukkan bahwa mobilitas telah mencapai era yang baru. Kendaraan bermotor Daimler telah menjadi kendaraan bermotor roda empat pertama.

Selain itu, replika dari mobil Benz Patent-Motorwagen ini juga didonasikan kepada Museum Nasional Indonesia, di Jakarta.

"Kami sangat gembira dapat mendonasikan replika asli mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen, kepada Museum Nasional Indonesia. Mercedes-Benz telah memainkan peran penting dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz," ujar Choi Duk Jun, Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Minggu (9/2/2020).

Setelah kehadiran mobil pertama di dunia tersebut, hari bersejarah ini juga ditetapkan secara resmi sebagai hari kelahiran sebuah mobil. Pada saat yang bersamaan dengan Benz, Gottlieb Daimler juga membangun kendaraan bermotor empat roda pertama.

Kendati pada awalnya bekerja masing-masing, para pendiri Daimler AG dan brand Mercedes-Benz yang telah sukses secara global meletakkan batu pondasi untuk seluruh kendaraan penumpang saat ini, serta segmen kendaraan niaga dan bus.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Tenaga Benz Patent-Motorwagen bersumber dari mesin 954 cc satu silinder empat langkah. Desain kendaraan ini sudah memiliki beberapa fitur utama yang ditemukan di sebagian besar mesin pembakaran internal saat ini, termasuk kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik dan pendingin air. Unit ini dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 0,55 kW pada 400 rpm.

Saat standar masa itu, mesin tersebut sangatlah ringan dengan berat sekitar 100 kilogram. Fitur khas lainnya adalah bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser dengan gagang yang eksentrik, katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram cam, pelatuk klep dan pushrod, serta menggunakan sistem pelumasan tetes.

Rancangan Benz pada saat itu menggunakan roda yang sangat besar terpasang secara horizontal pada sasis, karena ia khawatir efek giroskopik dari pemasangan secara vertikal akan mengganggu kemudi dan stabilitas kendaraan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.