Mulai Diproduksi, Motor Listrik Gesits Siap Dikirim ke PLN?

Oleh Arief Aszhari pada 06 Feb 2020, 10:01 WIB
Diperbarui 06 Feb 2020, 10:01 WIB
Gesits (Instagram @gesitsmotor)
Perbesar
Gesits (Instagram @gesitsmotor)

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik yang diklaim karya anak bangsa, Gesits memang sudah diperkenalkan saat gelaran IIMS 2019, April lalu. Tapi, kehadiran motor ramah lingkungan ini memang masih belum terlihat digunakan di jalan, atau bahkan dikirim ke konsumen yang memesan, baik yang secara retail ataupun fleet dari perusahaan dan pemerintahan.

Memang, sebelumnya PT Gesits Technologies Indo (GTI) sebagai produsen motor ramah lingkungan ini mengakui ada keterlambatan produksi. Namun, PT GTI sendiri memastikan distribusi Gesits akan dimulai Desember 2019.

”Untuk pemesanan sendiri yang sudah kami terima booking fee-nya dan penjualan ke kami sudah di angka hampir 5.000, jadi Desember ini sudah harus distribusi," ujar Procurement Manager GTI, M Natsir , beberapa waktu lalu.

Sementara itu, di akun media soal Instagram @gesitsmotor terlihat ratusan motor listrik Gesits yang sepertinya sudah selesai diproduksi. Kabarnya, motor listrik ini akan terus diproduksi secara bertahap dan dikirim.

"#SobatWIKA, GESITS sebagai motor listrik hasil karya anak bangsa kini secara bertahap sedang diproduksi massal oleh WIKA Industri Manufaktur," tulis akun @jktinfo sebagai caption dalam unggahan tersebut.

Terlihat dalam unggahan, ratusan motor listrik Gesits terparkir di halaman dengan dua pilihan warna, merah dan putih-biru. Belum diketahu pasti terkait seberapa banyak unit Gesits yang bakal dikirim ke PLN wilayah Jawa Timur.

Sementara itu mencoba mengonfirmasi kepada CEO PT GTI, Harun Sjech, pesan elektronik ataupun telepon dari Liputan6.com belum direspons oleh yang bersangkutan.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Gesits

Gesits mengadopsi permanent magnet synchronous motor 2kW rated, 5kW peak. Tenaga puncaknya 5kW atau 7,5 Tk pada 3.600 rpm, dan torsi maksimal 30 Nm pada 0-2.125 rpm.

Akselerasi 0-50 km per jam diklaim membutuhkan waktu 5 detik, sedangkan kecepatan puncak mencapai 70 km/jam. Jarak tempuh single battery mencapai 50 kilometer, dan dual battery mencapai 100 kilometer.

Sistem pendinginan Gesits menggunakan pendingin udara. Belt penggeraknya menggunakan gates poly chain GT carbon belt. Masih berstatus off the road, harga resmi Gesits yakni Rp24,95 juta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓