Sukses

Buktikan Ketangguhan, Mercedes Unimog Cetak Rekor Baru

Mercedes Unimog dikenal sebagai truk tangguh yang menjadi andalan untuk berbagai ekspedisi. Ketangguhannya kembali terbukti dengan mencetak rekor di gunung api tertinggi Ojos del Salado, Chili.

Liputan6.com, Ojos del Salado - Mercedes Unimog dikenal sebagai truk tangguh yang menjadi andalan untuk berbagai ekspedisi. Ketangguhannya kembali terbukti dengan mencetak rekor di gunung api tertinggi Ojos del Salado, Chili.

Total dua buah Unimog U 5023 dibekali Mercedes-Benz untuk membantu tim ekspedisi dipimpin Matthias Jeschke. Ia beserta sepuluh anggota tim lain dari Extrem Events, bertugas untuk memasang empat unit radio darurat di berbagai titik tertinggi Ojos del Salado. Seluruh sistem radio ini nantinya bakal bantu meningkatkan keselamatan tiap pendaki maupun para peneliti. Dalam keadaan darurat, tiap unit digunakan untuk berkomunikasi dengan tiga base camp lain.

Sebagai informasi, Ojos del Salado mencatatkan ketinggian 6.893 m di atas permukaan laut (DPL), menjadi gunung vulkanik aktif tertinggi di muka bumi. Bagian vulkanik berada di Gurun Atacama, tempat paling kering di dunia. Area ini dijamin sanggup menyiksa mobil dan bahkan manusia. Pencetakan rekor pun dimulai kala tugas inti mereka usai dikerjakan. Setelah unit radio emergency terakhir dipatenkan pada kamp Armistad (6.100 meter DPL), satu mobil dijalankan untuk menyelesaikan misi sampingan : terus mendaki hingga ketinggian 6.694 meter DPL.

Bila bicara soal kapabilitas menanjak Unimog memang tak perlu diragukan lagi. Spesifikasi standar mencatatkan ekstraksi tenaga 227,8 Tk dari jantung OM 934 LA. Terdengar biasa memang, namun torsi superbesar 900 Nm dapat keluar sejak dini, pada 1.400 rpm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konfigurasi Suspensi

Belum lagi konfigurasi suspensi portal axle, memungkinkan ia melangkahi rintangan. Disokog pula oleh artikulasi sampai 30 derajat di tiap poros. Kendati begitu, tentu ada penyiksaan tersendiri di Ojos del Salado. Selain medan berbatu terjal, tipisnya lapisan oksigen mencekik pernapasan mobil.

Nah, untuk duo crew cab ekspedisi ini telah dibekali bermacam peranti tambahan guna melahap medan terjal. Ada ban spesial berukuran gambot serta winch ekstra kuat. Tak hanya itu, rancangan khusus pada bodi memungkinkan pergeseran pusat gravitasi secara variabel. Dikembangkan oleh para spesialis di Unimog Museum, bodybuilder AS Söder, serta insinyur di Unimog Development Team.

 

3 dari 3 halaman

Mercedes Zetros

Jeschke dan tim tidak hanya menembus rekor mereka sendiri. Sebagai catatan, mereka pernah mencetak rekor ketinggian 6.675 meter DPL di 2014 dengan Mercedes Zetros nan besar. Menurut Jeschke, kedua mobil ini "Sangat hebat di kemiringan terjal dan permukaan bebatuan. Berkat kombinasi teknologi terbaik dan dapat diandalkan, pusat gravitasi seimbang, serta ban mengagumkan untuk membawa material dan peralatan ke tempat setinggi ini."

Sejauh ini baru Extrem Events terus mematahkan rekor dengan Mercedes Benz. Jauh sebelum 2014, pernah dilakukan oleh sebuah Suzuki Samurai lansiran 1986 di 2007. Tempatnya? Juga di Ojos del Salado. Rekor dunia ganda untuk Unimog U 5023 menciptakan langkah baru untuk eksplorasi ilmiah di Pacific Ring of Fire.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.