Sukses

Grille Mobil Juga Wajib Dibersihkan, Begini Cara Mudahnya

Memiliki mobil yang selalu dalam kondisi bersih merupakan idaman setiap orang. Selain enak dipandang, mobil yang bersih merupakan cerminan pemiliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki mobil yang selalu dalam kondisi bersih merupakan idaman setiap orang. Selain enak dipandang, mobil yang bersih merupakan cerminan pemiliknya. 

Salah satu bagian eksterior mobil yang pertama kali terlihat orang lain saat melintas di jalan adalah grille. Sebagai pusat perhatian, beberapa pabrikan mobil sengaja memasang logo kendaraan di bagian ini.

Tentu ada rasa bangga saat orang lain melihat dengan takjub bagian grille kendaraan kamu. Apalagi saat wajah kendaraan kamu sedang cantik-cantiknya. 

Sayangnya banyak pemilik kendaraan atau jasa layanan cuci mobil lupa membersihkan atau mempercantik bagian tersebut. Ada saja yang terlewat karena mereka mengerjakan secara cepat.

Selain faktor estetika, mengutip laman Wuling Indonesia, Senin 3 Februari 2020, beberapa negara di dunia menjadikan bagian depan ini sebagai pelindung dari serangga.

Bahkan, ada aksesoris khusus untuk melindungi bagian depan mobil, baik dari bumper depan, grille depan, sampai lampu.

Grille menjadi salah satu bagian yang krusial karena merupakan pintu masuk angin ke radiator yang berguna untuk mendinginkan mesin.

Saat mencuci kendaraan, bagian ini pun tak luput dari air dan sabun. Tapi, tak jarang masih ada noda yang menempel pada grille depan. Berbagai kendaraan punya grille yang berbeda pula.

Ada yang memiliki desain krom pilar dan ada yang berdesain honeycomb. Ada juga yang berdesain sophisticated sehingga memerlukan waktu untuk membersihkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kain Lap yang Digunakan

Sebenarnya sangat mudah untuk membersihkan grille depan, selain menggunakan kain chamois, bisa juga menggunakan kain berbahan microfiber. Kain microfiber ini bisa digunakan dengan sabun dan air, atau saat pengeringan.

Namun, kamu bisa juga menggunakan sikat berbahan nylon yang lembut agar lis-krom pada grille tidak mudah lecet.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan kuas untuk mencuci grille yang memiliki tampilan seperti honeycomb atau yang memiliki tekstur padat.

Carilah kuas yang besar namun lembut agar tidak merusak tampilan front-grille kendaraanmu.

Menggunakan cairan khusus permbersih grille depan pun sangat direkomendasi, namun perhatikan kendaraanmu agar tidak salah memilih bahan pembersih.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.