Kencan Singkat Bersama Kia Seltos, Layak Dipinang?

Oleh Dian Tami Kosasih pada 03 Feb 2020, 15:03 WIB
Diperbarui 03 Feb 2020, 15:55 WIB
Test drive Kia Seltos di Jakarta Utara

Liputan6.com, Jakarta - Resmi meramaikan pasar otomotif Tanah Air, PT Kreta Indo Artha selaku distributor resmi memberi kesempatan kepada awak media untuk mencoba Kia Seltos di Jakarta.

Memiliki berbagai teknologi dan fitur terbaru, mobil pabrikan otomotif Korea Selatan ini diklaim mampu meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berkendara.

Mencari tahu kebenaran itu, Liputan6.com mendapat kesempatan mencoba Kia Seltos. Pengujian ini sendiri, dilakukan dari di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Saat masuk ke dalam kabin, Kia Seltos memiliki beragam ciri khas, salah satunya terlihat dari jok yang disematkan. Memiliki bentuk anyaman, jok mobil ini terasa cukup empuk dan mampu memberikan kenyamanan.

Lebih dulu menjadi penumpang, baris kedua mobil ini terlihat cukup sederhana. Tak banyak hiasan, bagian penumpang ini hanya tersedia Air Conditioner (AC) di bagian tengah dan pengisi daya baterai untuk ponsel.

Terdapat juga kantung penyimpanan barang di belakang kursi penumpang depan dan pengendara untuk menyelipkan barang bawaan. Meski terasa cukup nyaman, penumpang baris kedua tak bisa lebih merebahkan kursi dari ketentuan meski bagasi belakang kosong.

Setelah berputar sekitar 15 menit, Liputan6.com mendapat kesempatan menjadi pengemui. Lingkar kemudi Kia Seltos sudah memiliki pengaturan tilt dan telescopic, sehingga mudah menentukan posisi nyaman. Terdapat lapisan kulit pada setir.

2 dari 3 halaman

Performa Kendaraan

Test drive Kia Seltos di Jakarta Utara
Test drive Kia Seltos di Jakarta Utara

Sudah disematkan tombol start stop engine, pengendara bisa dengan mudah menyalakan kendaraan.

Memiliki jantung pacu berkapasitas 1.353 cc turbo, tenaga maksimal yang bisa dihasilkan mobil ini mencapai 138 Tk dan torsi puncak 242 Nm karena disalurkan melalui Dual-Clutch Transmission (DCT) 7-speed otomatis.

Dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport, perbedaan ketiganya cukup terasa. Perpindahan gigi terasa cukup lembut berkat sistem transmisi DCT yang meminimalisasi jeda.

Saat menggunakan mode sport, pengendara bisa mencapai kecepatan hingga 120 kilometer per jam dalam waktu sangat singkat.

Berada di segmen SUV, mobil ini memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645, dan wheelbase 2.610 mm, sehingga cukup nyaman dikendarai saat macet.

Waktu mobil berbelok, Kia Seltos tidak terlalu limbung saat digunakan bermanuver cepat, sehingga cukup nyaman dikendarai.

Memiliki banderol Rp 355 juta untuk varian tertinggi, mobil ini cukup layak berada di garasi rumah. Terlebih saingannya Honda HR-V Prestige dibandrol dengan kisaran Rp420 juta. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

KIA Seltos