Peluang Kia Rakit Mobil di Indonesia Terbuka Lebar

Oleh Dian Tami Kosasih pada 01 Feb 2020, 06:04 WIB
Diperbarui 01 Feb 2020, 06:04 WIB
KIA
Perbesar
KIA Seltos gebrak pasar India. (KIA)

Liputan6.com, Jakarta - Kia Seltos yang baru sepekan terakhir dikenalkan diklaim mendapat respon positif. Ratusan unit terjual sejak resmi diluncurkan pada 20 Januari lalu.

Dengan penerimaan pasar yang baik ini, apakah Kia tertarik untuk merakit produk-produknya di Tanah Air?

Menanggapi hal tersebut, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo mengaku ada beberapa hal yang harus dipenuhi apabila Kia ingin melakukan perakitan di Indonesia.

"Balik lagi. Soal rencana rakit itu semuanya soal skala ekonomi. Supply and demand. Kalau suatu saat mobil ini laku sekali dan perlu inden. Di situlah kita mulai berpikir untuk melakukan CKD," ujarnya di Jakarta Utara.

Ario menyebutkan, peluang dirakitnya produk-produk Kia di Indonesia sangat terbuka lantaran Indomobil sudah memiliki fasilitas jika dibutuhkan.

"Indomobil sudah punya sarana, lokasi, dan resources. Pokoknya kalau diperlukan sekarang, Indomobil sudah ada," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Kia Ikut GIIAS 2020

Setelah menghadirkan mobil di segmen sport utility vehicle (SUV), all new Kia Seltos, PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang merek (APM) mengaku siap menghadirkan kendaraan terbaru.

Mengonfirmasi lebih lanjut terkait model baru tersebut, Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo enggan berkomentar terkait model dan kapan mobil tersebut meluncur.

"Pokoknya nanti tiba-tiba ada kejutan. Untuk modelnya yang pasti itu model yang belum dimiliki Kia saat ini. Untuk lebih detailnya nanti saja ya, saat ini saya belum bisa bicara," kata Ario di Jakarta Utara, Jumat (31/1/2020).

Meski demikian, Ario mengaku Kia saat ini sudah menjadi anggota Gaikindo dan siap memeriahkan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

"Insya Allah (ikut GIIAS). Bisa dua bisa lebih kita enggak tahu nanti. Kalau dari jadwal kami belum tahu apakah akan ada dua mobil meluncur di tahun ini, atau bahkan lebih," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓