Berapa Harga Ideal Mobil Listrik di Indonesia?

Oleh Dian Tami Kosasih pada 30 Jan 2020, 17:35 WIB
Diperbarui 30 Jan 2020, 17:35 WIB
Intip Kecanggihan Hyundai IONIQ EV, Mobil Listrik dengan Teknologi Fast Charging

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terus bersiap menuju era kendaraan listrik. Berbagai pihak, baik produsen, penyedia komponen, dan pemerintah tengah menyiapkan berbagai aspek untuk mendukung kehadiran mobil listrik.

Tak hanya infrastruktur, permasalahan untuk mobil listrik saat ini adalah harga jual. Dengan teknologi yang lebih canggih ketimbang mobil konvensional, harga mobil listrik sudah pasti bakal jauh lebih mahal.

Karena itu berbagai pihak terus mendorong kebijakan pemerintah terkait subsidi kendaraan listrik, sehingga harga yang dihasilkan jauh lebih murah dan dapat menjangkau konsumen Tanah Air, salah satunya ABB.

Sebagai penyedia alat pengisian daya kendaraan listrik, perusahaan mengaku harga ideal untuk sebuah mobil listrik ialah Rp400 jutaan.

"Untuk Indonesia daya beli masyarakat yang paling besar itu kan ada di kisarangan harga Rp200 hingga Rp300 jutaan. Khusus mobil listrik mungkin idealnya Rp400 juta hingga Rp600 juta," kata Direktur ABB Indonesia, Direktur ABB Indonesia, Dodon Ramlie di Jakarta.

2 dari 3 halaman

Subsidi

Beberapa negara di dunia sudah melakukan subsidi agar harga mobil ramah lingkungan bisa lebih murah. Hal ini tentu mendorong keinginan masyarakat untuk mencoba mobil listrik.

"Penghapusan pajak kendaraan listrik di Jakarta memang sudah bagus, tapi bukan hanya itu, masyarakat juga membutuhkan tempat pengisian kendaraan listrik agar nyaman saat menggunakannya," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

New Peugeot SUV 3008 & 5008 Allure Plus - First Impression