Sukses

Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Bisa Bernyanyi, Ini Penjelasannya

PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) telah merealisasikan pemasangan singing road di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) telah merealisasikan pemasangan singing road di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri. 

Menurut akun Instagram PT Jasa Marga Transjawa Tol @official.jasamargatransjawatol, singing road itu dipasang di jalur B atau arah Surabaya-Solo. Tepatnya terpasang di KM 664+200.

Singing road sendiri adalah marka jalan berupa rumble strip yang dipasang di lajur jalan tol yang bisa menimbulkan bunyi. Bunyi tersebut akan muncul saat dilewati kendaraan dengan kecepatan 80 km/jam hingga 100 km/jam.

 

Singing road di jalan tol Ngawi-Kertosono-Kediri itu disebut menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Singing road itu sendiri berfungsi sebagai peringatan agar pengguna jalan lebih berhati-hati ketika berkendara di jalan tol.

Indonesia sendiri bukanlah negara pertama yang memakai singing road di jalan tol. Sebelumnya beberapa negara seperti Jepang dan Korea Selatan sudah menerapkan singing road untuk membatasi kecepatan kendaraan.

Sumber: Otosia.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Cara Berkendara yang Santun di Jalan Tol

Berkendara yang santun dan tidak mengundang emosi pengemudi lain harus dilakukan di mana saja, termasuk di jalan tol. Jika pengendara lain terpancing emosinya, risiko terburuknya adalah kecelakaan.

Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan saat melewati jalan tol, seperti yang dilansir dari Autoindustriya.

1. Masuk ke Jalan dengan Hati-Hati

Ketika Anda akan masuk ke jalan tol, pastikan secara hati-hati. Karena kebanyakan pengemudi memacu kendaraannya cukup kencang. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan selalu mengecek kaca spion, serta gunakan lampu sein.

 

Jika dirasa jalan di belakang sudah cukup lengang, barulah Anda bisa sedikit demi sedikit pindah ke jalur cepat dengan tetap memperhatikan kaca spion.  

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.