Sukses

Sekilas, Skutik Listrik Ini Mirip Honda PCX

Tak lama lagi, Okinawa Scooters akan mengenalkan skutik listrik bernama ‘Cruiser' di Auto Expo 2020. Gambar siluet skutik listrik itupun beredar luas, sekilas tampangnya mirip dengan Honda PCX 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi, Okinawa Scooters akan mengenalkan skutik listrik bernama ‘Cruiser' di Auto Expo 2020. Gambar siluet skutik listrik itupun beredar luas, sekilas tampangnya mirip dengan Honda PCX 2017.

Dari gambar teaser yang ditampilkan memang diuraikan dalam siluet. Sesuai yang ditafsirkan dari namanya, ia terlihat berotot dan bongsor. Terungkap juga dari bagian depan dan jok, serta sedikit buritan.

Sedikit menyirat dengan skutik konvensional punya Honda. Beberapa laman coba memprediksi sosoknya. Mereka menyiapkan warna yang mentereng sebagai konsepsi. Kelirnya jingga, yang merupakan warna baru di jajaran skuter listrik Okinawa di India.

Meski demikian, prediksi juga bisa meluas ke sosok mirip Suzuki Burgman Street 125 yang dijual di India saat ini. Kendati dimiripkan dengan maxi konvensional, dirinya bisa menjadi skuter listrik paling premium di jajaran semua produk Okinawa. Untuk diketahui, brand ini memang memfokuskan dagangannya pada rebadge dan mengubah model mesin jadi listrik.

Posisi stang yang terpasang, menggambarkan kalau skuter baru Okinawa memiliki sandaran kaki di depan. Tentunya ini memberi tingkat kenyamanan lebih, dan sesuai dengan pengalaman berkendara dari konsep maxi skuter.

Ia juga tampaknya tidak memiliki alas kaki yang rata seperti skuter lainnya di India. Bagian di tengah kemungkinan besar menampung baterai.

Meski tidak ada informasi mengenai spesifikasinya, dapat dikatakan kalau skuter ini dipasangkan pengereman regeneratif. Sistem pengereman yang dapat meminimalisir energi terbuang pada sistem pengereman konvensional. Disematkan rem cakram di kedua rodanya, meski seharusnya dipadu pula dengan rem ABS.

Terlebih lagi, penyimpanan di bawah jok dapat di maksimalkan. Skuter ini diharapkan menggunakan baterai lithium-ion swappable dan detachable, sama seperti produk Okinawa lainnya.

Rentang perjalanan yang diklaim bisa sekitar 150 km. Sementara kecepatan tertinggi harus mendekati 75 km/jam. Karena harus lebih besar dari skuter listrik yang dijual Okinawa di India.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdarah Tiongkok

 

Baterai dapat diisi dalam 3 jam hingga 8 jam. Tak lupa juga fitur-fitur modern seperti pencahayaan full-LED, baik pada lampu depan dan belakangnya. Disematkan pula port USB untuk mengisi gawai dan dan idealnya sudah menggunakan panel instrumen full digital.

Saat ini, Okinawa menawarkan berbagai skuter listrik di India. Delapan tepatnya. Namun, pabrikan berencana memperluas portofolionya lebih jauh lagi. Salah satunya dengan memamerkan skuter listrik bergaya maxi di ajang pameran otomotif tahunan di negara Bollywood.

Untuk diketahui, produsen kendaraan roda dua listrik lainnya yang beroperasi di India, kebanyakan mengambil basis dari Cina. Okinawa pun termasuk.

Beberapa produknya terlihat sangat mirip dengan skuter yang dijual oleh Zhejiang Luyuan Electric Scooter Co. Ltd di Cina.

Jika Anda menelusuri kedua situs web perusahaan, Anda bisa menemukan skuter yang sama. Contohnya seperti Praise Pro dan Praise yang dimiliki Okinawa.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.