KIA Siapkan Amunisi Baru Lagi, Ini Bocorannya

Oleh Arief Aszhari pada 27 Jan 2020, 19:24 WIB
Diperbarui 27 Jan 2020, 19:24 WIB
Kia Siapkan SUV Baru yang Siap Meluncur Bulan Depan (Carscoops)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu KIA menghadirkan all new Seltos untuk pasar Indonesia, kini pabrikan asal Korea Selatan tersebut kembali berencana untuk mendatangkan sport utility vehicle (SUV) baru. Kabarnya, model terbaru ini akan dipamerkan di Auto expo 2020, yang berlangsung antara 5 sampai 12 Februari 2020 di New Delhi.

Melansir Carscoops, meninjau model produksinya bakal ditujukan untuk pasar lokal. Model ini, menggunakan gaya modern, dengan grill khas tiger nose, lampu depan LED yang ramping, dan intake udara samping yang besar.

Selain itu kap memiliki bentuk yang berotot, fender tebal, ground clearance yang tinggi, dan roda berukuran besar yang menambah kesan gagah.

Meskipun model konsepnya memiliki spesifikasi yang tangguh dan keren, namun untuk versi produksinya secara signifikan dikurangi dalam semua aspek utama.

Untuk diketahui, KIA sendiri sudah melakukan pengujian terhadap SUV yang diberi kode QYi. Model tersebut, didasarkan dari Hyundai Venue , yang panjangnya 4.036 mm (158,9 inci), lebar 1.770 mm (69,7 inci) dan 1.605 mm (63,2 inci) di India.

Sedangkan interiornya, sebagian harus mencerminkan desain Seltos dan Venue, dan akan mendapatkan fitur seperti sistem infotainment layar sentuh dengan terintegrasi smartphone, AC otomotis, dan pengisian nirkabel, dan matahari, kursi pemanas, dan banyak lagi.

Berbicara mesin, model ini kemungkinan akan seperti Venue, dengan unit berkapasitas 1,0 liter turbo dan 1,2 liter N/A. Selain itu, ada mesin diesel 1,5 liter dari Seltos juga.

2 dari 3 halaman

Ini Fitur All New Kia Seltos yang Tak Dimiliki Pesaingnya

Pasar sport utility vehicle (SUV) Tanah Air kembali mendapatkan pilihan baru, yaitu all new KIA Seltos. Mobil pabrikan Korea Selatan ini hadir dengan tiga varian, yaitu E, EX dan EX+. Banderolnya mulai dari Rp 295 juta hingga Rp 355 juta on the road Jakarta.

Sebagai pesaing model yang sudah cukup berkuasa, seperti Honda HR-V dan Wuling Almaz, all new KIA Seltos dibekali banyak keunggulan, mulai dari eksterior, interior, dan juga performa. Bahkan dari segi fitur, mobil yang masih diimpor langsung dari India ini memiliki beberapa kelebihan dibanding kompetitor.

"Saya mendapatkan kesempatan melihat mobil ini (all new Kia Seltos) masih dalam bentuk konsep, awal tahun lalu di Korea Selatan. Saya sebagai pakar otomotif di Indonesia, bisa dibilang mobil ini memiliki banyak fitur yang belum dimiliki pesangnya di Indonesia," jelas Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha (KIA) Andrew Nasuri baru-baru ini.

Jika dilihat, memang ada beberapa fitur yang ada di KIA Seltos namun tidak ada di model kompetitor. Pertama, mobil ini tidak hanya dilengkapi socket USB untuk mengisi baterai smartpone, tapi juga fitur wireless charging yang hanya ada di Seltos di segmen compact SUV.

Kedua, fitur kamera pandang belakang. Hal ini, untuk memudahkan pengemudi jika saat bepergian jauh dan bagasi penuh barang. Jadi, pandangan pengemudi ke belakang melalui kaca spion tengah terganggu, dan ini kegunaan fitur tersebut.

Terakhir, dari teknologi turbo pada mesin berkapasitas 1,4 liter milik KIA Seltos ini. Memang, sebelumnya ada model Chevrolet Trax yang juga menggunakan turbo, namun model tersebut sudah tidak dijual lagi di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓