Sukses

Ini Modal Suzuki XL7 Buat Lawan Mitsubishi Xpander Cross dan Honda BR-V

Sejatinya, Suzuki XL7 ini sudah dijual di India, dengan nama XL6 dan sesuai dengan jumlah konfigurasi penumpangnya

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diperkirakan bakal segera meluncurkan produk terbarunya, Suzuki XL7. Meski begitu, pabrikan berlambang huruf 'S' itu masih menutup rapat keran informasi terkait penantang Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander Cross tersebut.

Sejatinya, Suzuki XL7 ini sudah dijual di India dengan nama XL6. Model ini mengusung konfigurasi tempat duduk enam penumpang. Namun untuk model yang diniagakan di Indonesia bakal menggunakan konfigurasi tujuh penumpang sesuai dengan karakter pasar.

Jadi, kemungkinan besar, spesifikasi XL6 dan XL7 tidak akan berbeda jauh, dan hanya berbeda konfigurasi penumpang.

Suzuki XL7 sendiri, merupakan versi crossover dengan menggunakan basis low multi purpose vehicle (LMPV) andalan, Ertiga. Di Tanah Hindustan, mobil ini dipersenjatai dengan mesin bensin K15B berkapasitas 1,5 liter empat silinder dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) dan baterai lithium ion.

Nah, untuk di Indonesia sendiri, bisa saja menggunakan mesin yang sama, karena sebelumnya pabrikan asal Jepang ini telah menampilkan all new Ertiga dengan teknologi tersebut.

Tapi, kemungkinan kedua, model tersebut masih tetap menggunakan mesin konvensional berkapasitas 1.462cc yang mampu menghasilkan daya hingga 103 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum sebsar 138 Nm pada 4.400 rpm.

Mesin tersebut, dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Interior

Agar berbeda dengan Ertiga biasa, tampilan XL7 kemungkinan menggunakan pelek dual tone ring 16 inci dan ukuran ban 60/195. Bodi monokok itu ditunjang suspensi depan MacPherson Strut, coil spring dan double telescopic.

Sedangkan di roda belakang mengandalkan torsion beam plus coil spring. Persis milik Ertiga. Sehingga jarak pijak tanah (ground clearance) disinyalir 200 mm. Seyogyanya Suzuki bisa meracik ulang lebih baik.

Interiornya, sepertinya tak berbeda jauh dengan XL6, dan bisa dilihat dari dimensinya yang memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.710 mm dan jarak sumbu roda 2.740 mm.

Sedangkan fitur keselamatannya yang terpasang di XL6 bisa juga diadopsi di model ini, yaitu SRS Airbag, hill hold assist supaya mobil tak mundur di tanjakan.

Selanjutnya parking sensor, high speed alert, sistem pengereman ABS + EBD dan ESP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini