Modal Utama All New Kia Seltos Melawan Honda HR-V, Apa Saja?

Oleh Arief Aszhari pada 20 Jan 2020, 14:00 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 14:00 WIB
Kia Seltos

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berhenti berjualan dalam beberapa waktu, Kia akhirnya resmi kembali mencoba peruntungan di Indonesia di bawah kendali agen pemegang merek (APM) baru, PT Kreta Indo Artha (KIA). Selain itu, pabrikan asal Korea Selatan ini juga resmi meluncurkan sport utility vehicle (SUV) terbarunya, all new Kia Seltos.

Pesaing dari Honda HR-V dan Mazda CX-3 ini hadir dengan dengan tiga varian, dan banderol mulai Rp295 juta sampai Rp355 juta on the road (OTR) Jakarta.

Turun di segmen yang tengah berkembang di pasar Tanah Air, dan juga sudah dipenuhi dengan pemain lama yang menguasai pasar, all new Kia Seltos datang dengan berbagai keunggulan. Mulai dari eksterior dengan desain yang atraktif, interior yang mewah, fitur yang berlimpah, mesin dengan performa yang cukup mumpuni sebagai sebuah SUV.

Berbicara desain eksterior, Kia Seltos hadir dengan karakter khas mobil asal Korea Selatan, dengan grille tiger nose yang besar, dan headlamp serta foglamp yang sudah LED, skid plate depan dan belakang, dan cladding hitam di sekeliling mobil yang menggambarkan sifat kuat sebuah SUV. Bagian buritan, terdapat taillight dengan ornamen futuristis, menghasilkan pendaran cahaya yang menarik perhatian, serta lubang knalpot ganda menegaskan desain khas SUV dan performa mesin.

 

2 dari 3 halaman

Interior

Interior Kia Seltos
Interior Kia Seltos (Arief/Liputan6.com)

Sedangkan interior, minimalis namun tetap terlihat mewah. Desain dasbor asimetris yang dirancang fokus ke pengemudi, beragam informasi terkait kendaraan ditampilkan lewat monitor infotainment, panel instrumen, dan meter cluster berupa monitor 7 inci.

Sistem hiburannya, dilengkapi monitor 8 inci, dengan headunit yang dilengkapi Bluetooth voice recognition, Apple Car Play dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir.

Fitur lainnya adalah sunroof, socket USB slot, power outlet 12v, wireless charging, pengaturan auto climate, dan bagasi yang luas.

 

3 dari 3 halaman

Performa

Mesin Kia Seltos
Mesin Kia Seltos (Arief/ Liputan6.com)

Berbicara performa, all new Kia Seltos dipersenjatai mesin Kappa 4-silinder berkapasitas 1,4-liter (1.353 cc) turbocharger. Tenaga yang dihasilkan sebesar 138 Tk pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm pada 1.500-3.200 rpm. Mesin dikawinkan dengan penggerak roda depan (FWD) dan transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed. Menunjang kedinamisan berkendara, mobil ini dilengkapi sistem Drive Mode Select, yaitu normal, eco, sport, mud, snow, dan sand.

Berbicara fitur, mobil ini dibangun dari rangka campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Komponen Advanced High-Strength Steel mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan.

Airbag enam titik, electronic stability control, hill start assist, yang merupakan standar di semua varian. Fitur lain yang tak kalah penting seperti Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.

Lanjutkan Membaca ↓