Sukses

Begini Cara Optimalkan Penerangan Lampu Motor Saat Hujan

Lampu motor lebih mudah berembun saat musim hujan seperti sekarang. Salah satu penyebabnya adalah karet getas atau kendur yang menyebabkan air hujan masuk ke celah ruang lampu.

Liputan6.com, Jakarta - Lampu motor lebih mudah berembun saat musim hujan seperti sekarang. Salah satu penyebabnya adalah karet getas atau kendur yang menyebabkan air hujan masuk ke celah ruang lampu.

“ Kalau sudah terdapat embun, ada bagian yang sudah tidak rapat,” kata Kepala Mekanik Big Wing, Astra Motor BSD, Tangerang, Kukuh Aristiawan, dikutip dari Federal Oil.

Jika sudah berembun, Kukuh mengatakan lampu motor bisa dibongkar untuk diperbaiki bagian yang menyebabkan air masuk. Sebaiknya perbaikan segera dilakukan saat kamu mengetahui lampu motor berembun.

“ Jika didiamkan, lama kelamaan dikhawatirkan akan menyebabkan timbulnya jamur atau menjadi buram,” kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Membersihkan Mika

Pertama, kata Kukuh, pemilik motor mencopot rumah lampu dan menyimpannya di tempat yang aman. Lanjutkan dengan membersihkan mika lampu dengan air hangat dan sabun pencuci piring.

Saat proses mencuci selesai, bawa mika lampu yang sudah bersih itu ke tempat yang terkena sinar matahari untuk dikeringkan. Kalau sudah kering, gunakan sealant dan oleskan sambungan mika dan reflektor.

Pemilik kendaraan juga harus memastikan semua bagian sisi terlapisi sealant agar air tak kembali masuk. Selanjutnya, biarkan hingga mengering sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan sealant.

Terakhir, pasang kembali mika lampu motor kamu dan coba nyalakan untuk memastikan apakah sudah bekerja dengan normal.

Sumber: Dream.co.id

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.