Sukses

Sudah Dipatenkan, Honda PCX Bakal Pakai Airbag?

Honda baru saja mematenkan sistem airbag untuk sepeda motor, yang bakal dipasangkan secara vertikal di depan pengendara

Liputan6.com, Jakarta - Honda baru saja mematenkan sistem airbag untuk sepeda motor, yang bakal dipasangkan secara vertikal di depan pengendara. Sistem ini, bekerja dengan cara yang mirip dengan airbag konvensional, dimana gas terkompresi dan dilepaskan untuk menggembungkan kantong.

Dilansir Visordown, memang Honda tidak menyebutkan secara spesifik airbag ini bakal disematkan di model apa. Tapi, dari gambar yang dipatenkan, airbag ini terpasang di salah satu skuter matik (skutik) premium, PCX.

Konsep airbag untuk motor sendiri telah ada sejak lama. Masalah utama bagi perancang airbag motor ini, adalah kemasannya atau cara memasang airbag ini di motor karena keterbatasan ruang penyimpanan.

Berbeda dengan mobil, yang ada banyak ruang kosong di dasbor, pilar samping, dan kursi untuk menyimpan airbag dan perangkan inflasi, dan motor hampir tidak ada ruang seperti itu.

Sistem baru yang dipatenkan raksasa roda dua asal Jepang ini, adalah airbag kecil yang kompak dan dapat dipasang di bagian depan bodi motor kecil ataupun skuter.

Cara kerjanya seperti biasa, saat sistem mendeteksi kecelakaan, gas terkompresi dan akan mengeluarkan kantung udara untuk melindungi pengendara dari dampak keras tabrakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cocok untuk Emak-Emak, Intip Harga Motor Listrik Honda Benly

Honda Benly, motor listrik yang resmi diperkenalkan di Tokyo Motor Show Oktober 2019 lalu. Memiliki keranjang di bagian depan, kendaraan ini cocok digunakan untuk emak-emak.

Setelah resmi diperkenalkan, perusahaan asal Jepang ini mengumumkan akan mulai menjual Honda Benly April 2020 mendatang di Jepang, seperti dilansir ETAuto.com, Minggu (22/12/2019).

Memiliki target penjualan 200 unit setiap tahun, skuter ini memiliki tampilan tak jauh berbeda dengan versi konvensionalnya. Hanya saja, mesin yang disematkan satu silinder 110 cc pada skutik tersebut kini sudah digantikan dengan motor listrik.

Tersedia empat pilihan varian, motor ini dibandrol dengan harga 737.000 yen atau setara dengan Rp94 juta dan 748.000 yen atau setara dengan Rp95.4 juta.

Honda Benly mengandalkan sepasang baterai yang sama seperti Honda PCX Electric. Keduanya terletak di bawah jok dan bisa ditukar pasang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.