Sukses

Di Negara Ini, Bunyikan Klakson Sembarangan Bisa Kena Denda Besar

Apabila Anda berkesempatan mengemudi di luar negeri, sebaiknya pelajari dan pahami dahulu aturan yang berlaku di negara tersebut. Pasalnya setiap negara memiliki aturan yang mungkin tak berlaku di beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Apabila Anda berkesempatan mengemudi di luar negeri, sebaiknya pelajari dan pahami dahulu aturan yang berlaku di negara tersebut. Pasalnya setiap negara memiliki aturan yang mungkin tak berlaku di beberapa negara lain, termasuk Indonesia.

Salah satunya seperti aturan membunyikan klakson di Inggris yang bisa membuat pengendara kena denda tinggi.

Ya, berkendara di negeri Ratu Elizabeth itu tak boleh membunyikan klakson sembarangan. Hal itu bahkan ada dalam Highway Code.

Menurut Express.co.uk, pengemudi bisa didenda jika membunyikan klakson tak tepat waktu. Seperti saat tengah berhenti atau di lampu merah. Juga tak boleh membunyikan klakson saat frustasi atau marah.

Jika melanggar, siap-siap didenda sebesar GBP 30 atau Rp 500 ribuan (Kurs GBP 1 = Rp 17.744). Tapi pada banyak kasus, jika pelanggaran itu sampai dibawa ke meja pengadilan, maka denda bisa naik hingga GBP 1.000 atau Rp 17 jutaan.

"Klakson hanya boleh dipakai ketika memperingatkan seseorang tentang bahaya, bukan untuk menunjukkan kekesalan Anda saat mengemudi," begitu pernyataan pada Ask the Police.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aturan Lain

Dalam Highway Code, disebutkan bahwa pengemudi tak boleh membunyikan klakson di daerah pemukiman saat larut malam. Juga tak boleh di lokasi perkotaan antara pukul 11.30 dan 07.00 pagi waktu setempat.

Klakson mobil juga tak boleh dipakai sebagai salam untuk sekadar menyapa teman atau mengingatkan orang rumah ketika sudah tiba di rumah. 

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini