Sukses

Biaya Penggantian Head Unit yang Jadi Korban Banjir

Mobil yang terendam banjir disarankan untuk mengganti head unit. Berikut kisaran harganya

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang terendam banjir parah disarankan untuk mengganti head unit. Di pasaran, komponen ini ditawarkan dengan banyak pilihan dan harga yang beragam.

"Head unit itu banyak sekali pilihan. Pemilik mobil bisa memilih mau yang jenis apa baru bisa menyebut harganya," kata pemilik Line Audio, Rokhimin saat ditemui Liputan6.com di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.

Khusus head unit yang sudah memiliki beberapa fitur canggih seperti Bluetooth dibanderol dengan kisaran Rp 2 jutaan. Namun untuk head unit single Din bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 900 ribu.

"Harga tersebut belum sama ongkos pasang, untuk pemasangan konsumen rata-rata itu membayar Rp200 ribu, tergantung dari tingkat kesulitannya," ujar Rokhimin.

Khusus mobil terendam banjir, Rokhimin menegaskan pemilik tidak boleh langsung menyalakan power audio apabila head unit sudah terkena air.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Matikan Audio Saat Memarkirkan Mobil

Karena itu, pemilik kendaraan disarankan untuk selalu mematikan head unit atau sistem audio saat memarkirkan kendaraan dan mematikan mesin.

"Sebenarnya untuk kabel-kabel itu enggak ada maslah kalaupun mobil terendam air. Memang masalah terbesar ada di head unit. Kalau head unit sudah kena air wajib ganti. Saat tahu sudah kena air jangan langsung dinyalakan juga," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.