Menerka Motor Baru Honda yang Meluncur Pekan Depan

Oleh Liputan6.com pada 11 Jan 2020, 11:02 WIB
Diperbarui 11 Jan 2020, 11:02 WIB
Motor Si Pitung Super Cub C125 Melantai di GIIAS 2018
Perbesar
Logo Honda Super Cub C125 yang menempel di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangsel, Jumat (3/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) akan meluncurkan motor terbarunya pekan depan. Hal tersebut diperkuat dengan undangan resmi yang masuk ke meja redaksi. Sayangnya, model motor yang akan diluncurkan masih tertutup rapat.

Kami punya beberapa prediksi akan motor yang bakal dirilis. Sebelumnya kami sempat bahas mengenai lima motor baru Honda di 2020. Kalau dilihat memang tak semuanya anyar, karena beberapa di antaranya adalah produk yang sudah eksis. Sebut saja Honda Beat. Perjalanan skutik entry level Honda sudah berlangsung selama 12 tahun. Selama itu pula Honda melahirkan dua generasi Beat, mulai dari mesin berpengabutan karburator hingga injeksi. Pun secara desain yang tentu mengikuti selera pasar. Dan, tak kalah penting adalah irit bahan bakar.

Wajar bila Beat jadi pilihan banyak orang. Atas alasan itu pula kami menilai Beat berpeluang dipugar. Ada dua kemungkinan paling masuk akal. Pertama, Honda Beat mendapat perbekalan eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame). Teknologi baru pada sasis yang mengedepankan penggunaan material baja, sementara Beat masih besi. Rangka baru kepunyaan Honda Genio itupun memungkinkan teraplikasi pada Beat.

AHM juga tak menutup probabilitasnya. Satu sisi, investasi alat berupa mesin tempa hingga laser welding jelas tak dibeli hanya untuk menggarap sasis Genio. Kedua, bisa jadi skutik murah Honda bakal naik kelas. Anggaplah ia bakal disemati mesin 125 cc. Menyoal ketersediaan jantung mekanis, pastilah diadopsi dari Honda Vario 125. Logikanya rancang bangun berubah dengan postur lebih 'semok'. Tapi Honda jelas punya ramuan jitu mengatasi persoalan bobot tubuhnya.

 

2 dari 3 halaman

Honda Beat 2020

Idealnya pula kudu diikuti dengan penambahan fitur. Bayangkan saja Honda Beat 2020 punya sistem penerangan serba LED. Lalu sajian panel meter digital, seperti milik Honda Vario 125 eSP. Sistem kunci immobilizer dengan kelengkapan answer back system dan alarm-pun rasanya cukup untuk membuat Honda Beat tampil lebih mewah. Ya, cukup untuk menyaingi kompetitor seperti Yamaha Mio Series (bermesin 125 cc).

Selain skutik, segmen sport rasanya perlu menjadi perhatian. AHM jelas sadar penjualan kelas ini tak menggembirakan. Adanya produk baru mestinya bisa kembali menggugah pasar Tanah Air. Kita jua tahu kategori ini sekarang bergeser ke arah retro style. Kiprah Kawasaki Indonesia bersama W175 dapat dijadikan contoh, makanya Yamaha bergegas mengambil langkah meluncurkan Yamaha XSR 155. Menilik soal gaya, Honda sudah punya modal yaitu Honda CB150R Exmotion.

 

3 dari 3 halaman

ExMotion

Lagi-lagi menurut kami, ExMotion punya dasar kuat mengaspal di Indonesia. Apalagi tersiar kabar AHM sudah mendaftarkan kode mesin K2FA yang diyakini peruntukan ExMotion. Satu lagi, dari basis mesin maupun rangkapun begitu mudah didapat. Berbekal naked sport Honda CB150R Streetfire buatan AHM. Sekali lagi ini hanya tebakan semata. Kita tunggu berita resminya 16 Januari 2020 nanti!

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓