Sukses

Bertahan di Posisi Dua, Ini Mobil Terlaris Daihatsu Sepanjang 2019

Berhasil mempertahankan posisi dua penjualan secara retail (dealer ke konsumen) di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan pihaknya mampu mencapai 17 persen pangsa pasar sepanjang tahun 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Berhasil mempertahankan posisi dua penjualan secara retail (dealer ke konsumen) di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menegaskan pihaknya mampu mencapai 17 persen pangsa pasar sepanjang tahun 2019.

Melihat hal tersebut, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso menyatakan, pencapaian itu merupakan rekor baru untuk Daihatsu Indonesia.

"Walau data resminya belum rillis, kami bocorkan bahwa market share Daihatsu sekitar 17 persen dari total penjualan pasar otomotif. Atau, secara retail volumenya selama 2019 mencapai 177.588 unit," katanya di Sunter, Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Selain itu, Hendrayadi menyebut model terlaris sepanjang tahun 2019 dipegang Daihatsu Sigra dengan pencapaian angka 29 persen, Gran max 21 persen, dan Xenia 16 persen. "Ini adalah suatu kebanggaan bagi kami bisa mempertahankan pencapaian ini selama 11 tahun sejak 2009. Mengingat, persaingan otomotif di dalam negeri begitu ketat dan produk-produk yang ditawarkan pun menarik," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Daihatsu

 Bukan hal mudah, Hedrayadi menjelaskan Daihatsu Indonesia memiliki beragam strategi untuk bisa mempertahankan peringkat dua selama 11 tahun. Terlebih tahun ini banyak pabrikan mulai lakukan penetrasi.

"Saya sedikit bercerita, di tahun 2007 kita hanya berada di peringkat 4 pasar otomotif Indonesia, di bawah Mitsubishi dan Suzuki. Ketiga posisi tersebut terus bergeser, sedangkan Toyota tetap di peringkat teratas," tuturnya.

"Tahun selanjutnya kita berhasil masuk posisi tiga menyalip pencapaian Suzuki. Suzuki merupakan saingan berat karena produk kita mirip. Lalu di 2009 Daihatsu akhirnya menduduki posisi dua," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.