Sukses

Menerka Wajah Toyota Starlet di Zaman Modern

Anak muda di tahun 1990-an pasti mengenal sosok Toyota Starlet. Mobil hatchback mungil tersebut sangat populer di zamannya.

Liputan6.com, Jakarta - Anak muda di tahun 1990-an pasti mengenal sosok Toyota Starlet. Mobil hatchback mungil tersebut sangat populer di zamannya.

Berdesain kompak dan unik, mesin 'bandel' dan harga terjangkau, itulah Toyota Starlet. Nah, tim Top Gear di Filipina pun merilis visi mereka untuk melahirkan kembali mobil hatchback ini. keren. Di satu sisi bergaya klasik, namun di sisi lain juga terlihat sangat modern.

Hal pertama yang membuat desain ini keren, adalah basis desain untuk reinkarnasinya. Model yang dipilih adalah Starlet KP-Series. Pendekatan balap disebut menjadi syarat utama kala menuangkan ide tadi. Tak heran pilihan jatuh kepada generasi pertama hatchback berpenggerak roda belakang (RWD) itu.

Guratan grafis dengan alur tegas dan sudut yang lebih tegak, memang jadi bahasa desainnya. Terapan ini diwujudkan kembali pada rendering karya Top Gear Filipina. Grill dan lampu depan Toyota Starlet turut menguatkan konsep neo klasiknya. Lampu mengotak berhias DRL, dipadu grill horizontal yang sangat tebal. Lambang merek di depan pun menggunakan huruf alih-alih logo Toyota. Sementara bumper-nya menggunakan bahan kombinasi dengan aksen honeycomb pada rumah trapezoidal di bagian bawah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Sisi

Dari bagian sisi, kami sungguh tergugah. Mungkin karena formatnya coupe alias mobil berpintu dua. Tampilan Starlet ini jadi sangat simpel, tak ramai dengan aneka imbuhan melekat (side moulding). Pilar C juga menguatkan konsep klasiknya. Hampir tak ada mobil modern menggunakan pilar C dengan sudut seperti ini.

Dalam spesifikasi disebutkan dimensi mobil ini: 4.015 x 1.730 mm x 1.398 mm, dengan wheelbase 2.527 mm. Ukurannya sedikit lebih kecil dari Yaris, dan jauh lebih besar dari Agya. Apakah Anda sudah terbayang, bagaimana proporsinya jika ada di jalanan? Kami malah jadi berandai bagaimana isi kabinnya. Sayang, sisi ini tak turut digambarkan.

 

3 dari 3 halaman

Mesin

Tim Top Gear Filipina malah mengandaikan mesin yang tersemat di balik kapnya. Dua jantung mekanis racikan Gazoo Racing didaulat. Model M20A-FKS 2,0 liter yang bisa lontarkan 187 Tk jadi opsi pertama. Pilihan berikutnya untuk varian lebih santai, menyandingkan mesin 1ZR-FAE berkapasitas 1,6 liter dengan output 145 Tk.

Lebih keren lagi, arisitektur TNGA sportscar juga ditularkan pada Toyota Starlet masa depan ini. Tak terbayang, bagaimana sensasi handling mobil ringkas berpenggerak roda belakang dengan suspensi independen di seluruh sisi rodanya. Sangat tak masuk akal, namun menyenangkan untuk dikhayalkan. Apalagi tim kreatif itu memprediksi sampai harganya! Rp 370-430 jutaan, gokil!

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.