Sukses

Cara Mudah Kendarai Mobil Manual

Bagi pengemudi pemula, jenis transmisi manual menjadi momok menangkutkan karena terdapat perpindahan gigi yang diseimbangkan dengan pijakan kopling pada kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Pengemudi mobil perlu belajar dan berlatih untuk bisa berkendara dengan baik. Bagi pengemudi pemula, jenis transmisi manual menjadi momok menangkutkan karena terdapat perpindahan gigi yang diseimbangkan dengan pijakan kopling pada kaki.

Agar lebih mudah, berikut penjelasan cara mengemudi mobil secara manual untuk pemula seperti dilansir Garda Oto.

Hal pertama yang perlu diperhatikan ialah menggunakan sabuk pengaman. Jangan lupa periksa kaca spion untuk membantu melihat keadaan di bagian belakang.

Ambil posisi duduk paling nyaman agar mudah mengontrol rem, gas dan kopling. Kenali dengan baik letak posisi pedal agar bisa menguasai kopling.

Hal ini penting karena kopling berfungsi memutus putaran mesin dan putaran roda. Kopling dan roda akan berhubungan jika perseneling berada di angka 1,2,3,4,5 dan R.

Mengoperasikan pedal dengan baik harus memiliki konsentrasi penuh agar mobil tak mati atau tersendat. Ketika mengemudi mobil manual, pastikan pedal dilepas secara perlahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Tuas Transmisi Netral

Saat ingin menambah gigi dan sebelum menyalakan mobil pastikan tuas transmisi dalam posisi netral.

Injak kopling dalam keadaan penuh, kemudian angkat kaki yang semula berada di atas kopling secara perlahan sampai putaran menurun, lalu seimbangkan gas dengan kopling.

Saat kaki menginjak penuh kopling, posisi tangan memindahkan gigi yang semula netral ke angka 1. Jalankan mobil dengan pelan dan pindahkan kaki dari posisi pedal kopling ke gas. Injak pedal secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.