Sukses

Generasi Terbaru Lahir Bikin Harga NMax Bekas Terjun Bebas, Benarkah?

Generasi terbaru Yamaha NMax telah diperkenalkan akhir tahun lalu. Tidak lama lagi, model anyar ini akan beredar di pasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Generasi terbaru Yamaha NMax telah diperkenalkan akhir tahun lalu. Tidak lama lagi, model anyar ini akan beredar di pasaran.

Hadirnya model anyar tersebut apakah memengaruhi harga bekas model lama? Itu sudah pasti. Kebanyakan terdeviasi, tergantung tipe, kondisi dan tahun produksi.

Menurut Mijan, pemilik showroom motor bekas Rahayu Motor di Bekasi, Jawa Barat, Yamaha NMax ialah salah satu skutik yang banyak diincar konsumen.

"Munculnya model baru tidak berdampak signifikan. Meski dibilang turun, dibanding motor lain, harga bekasnya bisa dibilang stabil. Turunnya tidak banyak, berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 1 jutaan. Bahkan, hingga saat ini peminat NMax model lama masih terbilang banyak,” katanya.

Berdasarkan data mereka, harga NMax beragam, sesuai tipe, kondisi dan tahun produksi. Namun secara rata-rata, NMax 2016 dibanderol mulai dari Rp 19 juta untuk tipe ABS dan Rp 18 jutaan untuk yang non ABS.

Padahal sebelumnya masih diangka Rp 20 jutaan untuk tipe tertinggi. Sedang tipe terbawah turun Rp 1 juta sejak adanya model baru. Sementara unit keluaran 2017 dibanderol sekitar Rp 22 jutaan (ABS) dan Rp 21 jutaan (standar). Setelah ada model yang baru, ia turun berkisar Rp 500 sampai 800 ribuan.

"Paling umum, kebanyakan konsumen cari yang produksi 2016 dan 2017. Jarang yang cari NMax keluaran 2015. Tapi, dari 2015 hingga 2019, model 2017 paling banyak peminatnya. Mungkin dari segi harga yang cukup terjangkau.

Kalau untuk fitur tidak terlalu jadi prioritas. Mereka hanya mencari dari harga terbaik. Namun semua harga itu tidak bisa menjadi patokan, karena tergantung pada kondisi motor," jelas pria kelahiran Blora, Jawa Tengah.

Adapun NMax lansiran 2018, harganya sekarang berada di kisaran Rp 23 jutaan (ABS) dan Rp 22 jutaan (standar). Ada penurunan Rp 500 ribu dari sebelumnya Rp 22,5 juta untuk versi standar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NMax Naik Harga

Di atasnya, produksi 2019, ditawarkan dengan harga sekitar Rp 24 jutaan (ABS) sampai Rp 23 jutaan (standar). Beda dengan tahun lansiran lain, untuk model 2019 harganya terbilang masih cukup tinggi. Bahkan ada yang ditawarkan dengan harga Rp 25 jutaan. Dengan kondisi motor sangat baik, dari segi mesin maupun bodi yang masih mulus.

Selain itu, warna skutik Yamaha ini juga berpengaruh terhadap daya tarik konsumen. Sebagai contoh, NMax 2017 warna hitam doff paling banyak dicari. Kemudian yang berkelir putih juga menjadi primadona di diler motor bekas.

Untuk diketahui, per 1 Desember kemarin harga NMax naik. Sekarang, harga NMax non-ABS adalah Rp 28,295 juta dan ABS Rp 32 juta. Hal itu terjadi karena adanya kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) di DKI Jakarta.

NMax menjadi salah satu penyumbang terbesar penjualan Yamaha di Indonesia. Di jajaran Maxi Yamaha, dialah yang menjadi andalan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sejak diluncurkan pada 2015, NMax berhasil menjadi skutik kelas 150 cc terlaris.

Pesaing terberat Honda PCX ini, merambah ke semua lapisan masyarakat Indonesia. Ia punya banyak kelebihan, mulai dari desain mewah, bagasi luas, jok lebar, hingga mesin bertenaga.

Tak mengherankan jika peminat NMax masih banyak di bursa motor bekas. Pertanyaannya, apakah harga NMax seken bakal merosot lagi setelah banderol NMax 2020 diumumkan?

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini