Inikah Supercar Asli Sri Lanka?

Oleh Liputan6.com pada 06 Jan 2020, 20:06 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 20:06 WIB
Supercar

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2015 sempat muncul sebuah supercar yang digadang-gadang asli Sri Lanka. Mobil performa tinggi yang disebut-sebut memiliki power hingga 900 Tk itu digarap oleh Vega Innovations.

Namun, mobil listrik ini hanya sebatas prototype kala itu. Ternyata, mengutip dari Inside EVs, supercar tersebut dikabarkan akan kembali muncul pada Geneva Motor Show 2020, Maret mendatang. 

Supercar bernama Vega EVX ini akan memiliki spesifikasi yang jauh lebih "membumi", hanya 402 Tk. Mengandalkan 2 motor listrik bertorsi 720 Nm, mobil itu akan berpenggerak semua roda atau all-wheel-drive (AWD).

Dengan spesifikasi tersebut, Vega Innovations yakin bahwa mobil listrik buatannya memiliki performa setara supercar konvensional. Diuji pada 2017, Vega EVX mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3,15 detik.

Untuk mengimbangi motor listrik tersebut, terpasang batarai LiFePo4 500V dan 600A liquid-cooled di kabin belakang. Dalam kondisi penuh, Vega EVX diklaim bisa menempuh 240 km.

Tak sendiri, Vega Innovations pun menggandeng CodeGen. Mereka ada perusahaan teknologi asal Inggris yang menyediakan sistem pengendalian canggih dan presisi bagi Vega EVX.

Sumber: Oto

2 dari 3 halaman

Sakit Tapi Tak Berdarah, Melihat Supercar Terendam Banjir

Banjir
Tidak hanya mobil biasa, mobil mewah bahkan supercar yang harganya selangit pun turut menjadi korban. (Instagram @trending_youtube_)

Banyak kendaraan bermotor yang menjadi korban saat banjir menerjang sejumlah wilayah Jabodetabek. Tidak hanya mobil biasa, mobil mewah bahkan supercar yang harganya selangit pun turut menjadi korban.

Salah satunya seperti terlihat pada video yang diunggah akun Instagram @trending_youtube_. "Lambo, Ferrari, dan Mercy di kandangin," tulis akun tersebut sebagai keterangan video yang diunggah.

Dalam video tersebut nampak tiga supercar berlogo "Kuda Jingkrak" serta satu motor gede (moge) yang terendam air. Beruntung masih ada dua Lamborghini yang selamat dari terjangan banjir karena di tempatkan pada tempat parkir model bertingkat.

Selain itu, terdapat potongan video lain yang memperlihatkan Lamborghini Gallardo kelir kuning yang setengah tubuhnya terendam air.

Pada potongan video terakhir, nampak interior sedan Mercy yang kotor penuh lumpur dengan genangan air yang masih terlihat pada bagian jok. Sepertinya mobil ini terdampak banjir yang sangat parah karena bekas bekasnya hingga menutupi lingkar kemudi.

Dengan kondisi seperti ini, apabila mobil-mobil mewah tersebut tidak dilengkapi asuransi maka bisa dibayangkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk membersihkan sekaligus perbaikannya mengingat harganya yang mencapai miliaran rupiah. Bisa jadi, biaya yang dikeluarkan setara harga satu mobil lagi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓