Sukses

Bepergian Saat Tahun Baru, Hal-Hal Ini Mesti Diperhatikan

Jika sebagian orang memilih tetap di kota untuk merayakan pergantian tahun baru, namun tidak sedikit yang memilih tahun baruan di kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru 2020 telah tiba. Tentunya ada banyak harapan baru yang ingin dicapai selama Tahun Tikus Logam 2020.

Pada masa liburan tahun baru seperti saat ini pastinya sangat identik dengan aktivitas kumpul-kumpul bersama orang-orang terdekat seperti keluarga maupun sahabat.

Jika sebagian orang memilih tetap di kota untuk merayakan pergantian tahun baru, namun tidak sedikit yang memilih tahun baruan di kampung halaman.

Meski memakan waktu lama, mudik menggunakan mobil pribadi kerap menjadi pilihan. Oleh karenanya, keselamatan berkendara menjadi hal wajib yang diutamakan.

Mengingat jarak tempuh yang relatif jauh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda melakukan perjalanan.

"Yang penting kendaraan dalam kondisi baik. Bawa ke bengkel dulu sebelum berangkat dan selalu membawa peralatan bengkel ketika dalam perjalanan," buka Kepala Mekanik Teknik Motor, Pipin, kepada Liputan6.com.

Dirinya menyarankan agar lakukan penggantian oli mesin. "Sebab saat mudik mobil akan aktif dalam waktu yang lama karena perjalanan jauh. Dan saat terkena macet, maka suhu mesin akan meningkat,"

"Suhu mesin yang panas berkepanjangan ini, lambat laun dapat mengurangi volume oli karena penguapan dan panas juga dapat mengurangi kualitas atau merusak oil film pada oli," Pipin menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Tool Kit

Selain melakukan perawatan berkala, hal lain yang perlu diperhatikan saat perjalanan jauh adalah membawa tool kit.

"Bawa peralatan bengkel secukupnya, seperti set kunci ring, kunci T, tang dan lain-lain. Bila perlu bawa spare part ringan yang paling sering diganti misalnya belt, lampu, sekring dan relay," kata Pipin.

Lebih lanjut dirinya mengingatkan untuk membawa cairan atau coolant untuk radiator. "Lebih baik disiapkan tetapi tidak digunakan daripada mau digunakan tetapi tidak siap," pungkasnya.

Penulis: Gilang Seftian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.