Menerka 5 Mobil Baru Honda di Tahun 2020

Oleh Liputan6.com pada 31 Des 2019, 05:04 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 07:14 WIB
Setelah cukup lama menjadi perbincangan, Honda Jazz secara resmi diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019.

Liputan6.com, Jakarta Tahun depan bisa menjadi momen yang tepat bagi Honda Indonesia mendatangkan sejumlah mobil terbarunya. Di luar Indonesia, Honda memiliki sejumlah mobil anyar. Berikut 5 mobil Honda yang dinantikan kedatangannya di Indonesia.

All New Jazz

Ini mungkin salah satu yang dinanti banyak orang. Jazz terbaru lahir di Tokyo Motor Show Oktober lalu dan langsung menuai pro-kontra. Pasalnya, paras hatchback andalan manufaktur berlogo H tegak itu, berubah total. Minim karakter sporty. Apalagi, pahatan bodi juga tak sedinamis generasi pendahulunya. Kendati tetap mempertahankan profil keseluruhan membulat seperti telur.

Rencananya, Jazz anyar dilepas ke pasar Jepang mulai awal tahun depan. Yang berarti, masih agak lama untuk bisa muncul di pasar luar. Termasuk Indonesia. Soal pilihan mesin juga bikin pesimis. Antara mesin kecil 1,0 liter turbo atau 1,5 liter hybrid. Keduanya barang asing di sini. Meski begitu, tak ada salahnya berharap Jazz baru menggairahkan kembali segmen hatchback kita yang tengah lesu.

Kembalinya Freed

Kelahiran kembali Freed jadi penantian banyak penggemar. Bahkan sampai produk terakhir yang dipasarkan di sini, mobil multiguna dengan pintu samping geser itu tak surut peminat. Lihat saja di pasar mobil bekas, banderolnya masih tergolong tinggi. Meski begitu, HPM menilai pasar MPV pintu geser tak semenarik LMPV biasa. Lantas jadi salah satu alasan untuk enggan menyajikan Freed generasi baru.

Jangan putus harapan, masih ada kemungkinan HPM mempertimbangkan menjual kembali Freed. Karena ada varian yang membawa sistem hybrid. Mungkin kalau regulasi pemerintah sudah jelas, lini hybrid Honda berduyun-duyun masuk sini.

 

2 dari 3 halaman

City Generasi Ke-5

Masih segar meluncur di Thailand bulan lalu, City baru sangat diharapkan kedatangannya. Kami sangat tertarik melihat kemunculan City generasi ke-5. Parasnya kian dewasa nan elegan. Proporsi tampak pas, dengan dimensi yang memang lebih besar secara umum dari pendahulunya. Nampaknya Honda Jepang sedang gemar mengurangi pahatan bodi tegas. Berganti lekukan yang lebih halus. Bisa dilihat pada Jazz, Freed dan City baru ini yang minim sudut tajam.

Lagi-lagi, jantung mekanis bisa jadi kendala. Untuk Thailand, mesinnya 3-silinder 1,0 liter turbo. Bisa saja diganti memakai mesin 1,5 liter biasa kalau jadi diboyong. Atau bertaruh dengan opsi mesin kecil didongkrak turbo. Jujur, kami penasaran dengan mesin baru turbo itu. Semoga salah satu di antara Jazz dan City anyar nanti ada yang menggendongnya.

CR-V Facelift

SUV kebanggaan Honda sudah diberi penyegaran. Tinggal menunggu kapan disajikan buat Indonesia. Salah satu bentuk penyegaran, tersedia opsi hybrid. Seperti pada Accord Hybrid, CR-V ditanamkan sistem Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD). Langkah itu, salah satu arah elektrifikasi dari Honda. Dan rasanya cocok saja diterapkan untuk Indonesia. Tinggal menunggu kejelasan regulasi dan pertimbangan HPM menyajikan lini hybrid modern Honda. Salah satunya ya CR-V facelift.

 

3 dari 3 halaman

BR-V Baru

Terlepas dari siklus hidupnya, kami rasa BR-V perlu disegarkan lebih ekstrem. Bahkan diperbarui sekalian. Agar pamornya meningkat dan bisa kembali bersaing ketat. Lahirnya Mitsubishi Xpander Cross bisa jadi penyemangat lebih bagi manufaktur untuk produk BR-V baru. Desain dan bentuknya sendiri, belum ada bayangan di benak kami. Malah sempat ada rumor yang mengatakan BR-V bakal diganti Mobilio versi crossover. Mirip langkah yang dijalani Xpander Cross. Apa pun itu, kami menantikan BR-V baru hadir di jajaran mobil Honda.

Sumber: Oto.com

Lanjutkan Membaca ↓