Penantian 60 Tahun, Mobil Listrik Nasional Turki Akhirnya Mengaspal

Oleh Arief Aszhari pada 30 Des 2019, 14:04 WIB
Diperbarui 01 Jan 2020, 12:13 WIB
Akhirnya Mobil Listrik Nasional Turki Mengaspal (Motor1)

Liputan6.com, Jakarta - Turki resmi meluncurkan mobil pertama yang sepenuhnya diproduksi di dalam negeri atau mobil nasional (mobnas), pekan lalu (27/12/2019). Kendaraan nasional tersebut, bakal hadir sebagai mobil listrik yang diproduksi sebanyak 175 ribu per tahun.

Mengutip Reuters, Senin (30/12/2019) prooyek mobil listrik nasional Turki ini, diperkirakan menelan biaya investasi sebesar 22 miliar lira ($3,7 miliar) atau setara dengan Rp50,7 triliun selama 13 tahun.

Proyek mobil listrik nasional ini, merupakan rencana lama dari Presiden Tayyip Erdogan dan Partainya sebagai yang tengah berkuasa sebagai demonstrasi kekuatan ekonomi negara yang sedang tumbuh.

Berbicara saat pengenalan mobil listrik nasionalnya tersebut, Erdogan mengatakan Turki bertujuan tidak hanya menjual mobil tersebut di dalam negeri, tapi juga untuk pasar global, dan dimulai dari Eropa.

"Kita semua bersama-sama menyaksikan mimpi Turki yang berusia 60 tahun menjadi kenyataan," kata Erdogan.

"Merujuk pada rencana yang gagal di masa lalu untuk membangun mobil yang sepenuhnya diproduksi di rumah. Ketika kita melihat mobil ini di jalan-jalan di seluruh dunia, kita akan mencapai tujuan kita," tegas Erdogan.

2 dari 3 halaman

Siap 2020

Setelah sambutan tersebut, kemudian muncul sebuah SUV berkelir merah dan sedan abu-abu di panggung. Mobil listrik nasional Turki ini, menggunakan label TOGG.

Sebagai informasi, infrastruktur pengisian daya mobil listrik ini, juga akan siap secara nasional pada 2022.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓