Sukses

Hindari Oli Palsu Supaya Mesin Lebih Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Memiliki peranan penting untuk menjaga performa mesin kendaraan bermotor, oli berfungsi untuk melumasi komponen yang bergesekan dan peredam panas akibat pembakaran dan gesekan.

Karena sangat penting, penggunaan oli asli harus selalu dilakukan. Hal ini berkaitan dengan resiko kerusakaan mesin apabila menggunakan pelumas palsu, seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Penggunaan jangka panjang oli palsu akan berpengaruh pada umur kendaraan. Tak jarang gejala turun mesin terjadi karena seluruh komponen tak mampu bekerja dengan maksimal.

Tak sesuai kebutuhan mesin kendaraan, gesekan yang terjadi di beberapa komponen tidak bisa diredam dengan baik.

Meski penggunaan jangka pendek tidak akan memberikan efek besar, komponen-komponen yang akan menjadi korban dari pemakaian oli palsu jangka panjang ialah piston dan dinding silinder.

Hal ini dikarenakan kedua komponen tersebut harus bekerja keras untuk menghasilkan gesekan dan panas yang tinggi. Jika mobil menggunakan oli palsu maka komponen ini tidak akan terlumasi dengan sempurna.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Endapan Oli Pada Mesin

Selain itu, kepala silinder tempat klep dan noken as akan menghasilkan gesekan yang tinggi. Dalam jangka waktu lama, pemakaian oli palsu akan menyebabkan noken as tergerus dan hancur.

Oli palsu yang digunakan terus-menerus juga bisa menyebabkan endapan oli di bagian mesin. Endapan ini bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya mesin.

Bila mesin sudah mengalami kerusakan, pemilik harus mengeluarkan dana sangat tinggi. Karena itulah selalu gunakan oli asli sesuai standar pabrikan. Lakukan proses ganti oli di bengkel resmi agar oli yang digunakan asli dan sesuai standar yang sudah ditetapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.