Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tinggalkan Mobil Saat Libur Nataru

Bagi pemilik mobil yang hendak meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama saat liburan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Liputan6.com, Jakarta - Libur akhir tahun telah tiba. Banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan transportasi umum, dan meninggalkan mobil atau motornya di rumah saat pergi berlibur ke suatu tempat.

Nah, bagi pemilik mobil yang hendak meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama saat liburan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1) Cuci Mobil

sebelum meninggalkan mobil kesayangan, ada baiknya mencuci bersih terlebih dahulu. Debu dan kotoran yang menempel pada mobil apabila didiamkan dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan baret-baret pada bagian body.

Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bagian kolong mobil yang rawan akan karat. Setelah mobil dicuci bersih, sebaiknya mobil ditutup dengan menggunakan cover mobil baik itu dari bahan terpal maupun dari kain agar debu tidak lagi menempel pada body mobil.

2) Jangan Tarik Rem Tangan Mobil

Pastikan posisi rem tangan mobil dalam keadaan bebas ( tidak ditarik ) sebab bila mobil ditinggalkan dalam keadaan rem tangan terkunci atau masuk dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan kelengketan antara minyak rem dengan disk brake atau piringan rem.

Hal ini akan menimbulkan efek yang lebih parah untuk mobil Toyota yang masih menggunakan tromol untuk bagian rem belakang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3) Ganjal Wiper Mobil

Ganjal wiper mobil kita dengan busa atau kayu atau alat pengganjal wiper yang sudah banyak dijual di pasaran.

Apabila wiper dibiarkan menempel pada kaca mobil dalam waktu yang cukup lama maka karet wiper akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya, wiper mobil akan terasa kasar dan menimbulkan baret pada kaca mobil ketika hendak digunakan.

4) Dongkraklah mobil

Saat meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama, sekitar satu bulan dan tidak ada orang lain yang merawat mobil kita maka sebaiknya mobil didongkrak dan ditahan dengan jack stand agar keempat rodanya tidak menyentuh lantai.

Hal ini agar suspensi dan bagian kaki-kaki mobil anda tetap terjaga dalam kondisi yang baik serta tidak terbebani oleh bobot kendaraan sehingga pada saat nanti digunakan, mobil dalam keadaan nyaman.

5)Lepaskan Aki

Saat merencanakan untuk bepergian di atas waktu dua minggu dan tidak ada orang yang dapat memanaskan mobil. Sudah seharusnya aki mobil kita dilepaskan karena bila kendaraan kita tidak dipanaskan dalam jangka waktu dua minggu atau lebih, hal tersebut dapat membuat aki kendaraan cepat rusak dan tekor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini