Sukses

Baru Mau Belajar Motor? Perhatikan Hal-Hal Ini

Belajar sepeda motor yang baik dan benar harus ditunjang dengan banyak faktor di antaranya teknik dan umur. Belajar berkendara juga harus diawasi dengan orang yang sudah berpengalaman.

Liputan6.com, Jakarta - Belajar sepeda motor yang baik dan benar harus ditunjang dengan banyak faktor di antaranya teknik dan umur. Belajar berkendara juga harus diawasi dengan orang yang sudah berpengalaman.

Belajar menggunakan metode yang benar dan juga teknik yang tepat akan lebih meningkatkan keamanan dalam berkendara. Ingat bahwa salah satu faktor keselamatan berkendara adalah berkendara dengan teknik yang benar.

Ada empat hal yang harus diperhatikan dalam belajar bersepeda motor seperti mengutip laman Wahana Honda, Kamis (26/12/2019).

Perlu Pendamping 

Pertama pastikan ada pendampingan dari orang yang berpengalaman. Dalam proses belajar mengendarai sepeda motor yang paling utama dan juga terpenting adalah pendampingan orang yang berpengalaman. Bisa jadi pendamping itu adalah orang yang sudah menguasai teknik-teknik berkendara dengan menggunakan sepeda motor.

Kamu juga bisa mengajak orang terdekatmu yang masih belajar berkendara ke beberapa lembaga yang sering mengadakan workshop safety riding karena di dalamnya diajarkan teknik berkendara yang baik dan benar.

Dengan pendampingan orang yang berpengalaman kamu akan lebih cepat belajar dan lebih cepat untuk menguasai teknik berkendara yang baik dan juga benar

Mulai dari Tempat yang Sepi dan Lapang 

Ketika belajar sepeda motor, lebih baik dimulai dari tempat yang sepi. Ada beberapa alasan kenapa harus dimulai dari tempat yang sepi. Pertama, kamu tidak akan membahayakan diri sendiri, dan kedua, orang lain yang juga tidak akan terkena dampak bahaya saat kamu belajar menggunakan sepeda motor.

Selain itu, dari tempat sepi kamu juga akan belajar ketenangan. Kalau sudah mulai terbiasa mengendarai sepeda motor dan menguasai kondisi mental, barulah kamu mencoba ke tempat yang lebih ramai.

Bukan hanya sepi, ketika kamu mendampingi orang yang ingin belajar sepeda motor ataupun kamu yang ingin belajar sepeda motor sendiri, pastikan juga memilih tempat yang luas dan juga lapang.

Kamu harus belajar mulai dari di jalan yang lurus dan lebar terlebih dahulu karena hal tersebut adalah hal yang paling mudah

 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai dari Dasar 

Semua proses belajar dimulai dari bawah. Saat belajar jalan, kamu pasti mulai dari merangkak, kan? Ini sama dengan belajar sepeda motor.

Saat belajar naik motor, kamu tentu tahu terlebih dahulu beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya, fungsi-fungsi sepeda motor untuk ngerem dan ngegas. Pelajari dua hal ini dengan baik. 

Selain itu usahakan juga untuk belajar dari sepeda motor yang cukup mudah untuk digunakan jika ingin belajar secara cepat.

Beberapa orang berpendapat untuk belajar dari sepeda motor yang memiliki kopling agar sekalian. Namun pemikiran ini sebenarnya salah, karena dengan belajar hal mudah terlebih dahulu kamu akan dengan mudah untuk belajar lagi ke hal lain.

Jika kamu menguasai sepeda motor matik, misalnya, kamu juga akan lebih mudah belajar ke sepeda motor kopling dan pastinya tidak akan membutuhkan waktu yang lama nantinya. Pastikan untuk belajar dari hal yang mudah dan mendasar terlebih dahulu.

Yang paling dasar dari belajar sepeda motor adalah keseimbangan, keselamatan (memakai perlengkapan standar keamanan), dan pengetahuan teknik berkendara yang benar seperti pengereman dan lain-lain.

Pastikan Cukup Umur 

Sering melihat anak belum cukup umur sudah naik motor? Sebenarnya, ini adalah kesalahan yang paling fatal yang pernah dilakukan.

Saat usia belum cukup, kita masih sering belum bisa mengetahui tindakan secara “dewasa”. Sebaiknya, belajar sepeda motor harus dimulai pada usia yang cukup. Usia 16 tahun-17 tahun adalah umur yang seharusnya bisa digunakan untuk mulai belajar mengendarai sepeda motor.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.