Reliant Robin, Mobil Roda 3 yang Sering Terguling di Serial Mr Bean

Oleh Arief Aszhari pada 26 Des 2019, 13:05 WIB
Diperbarui 26 Des 2019, 14:15 WIB
Reliant Robin Tidak Mudah Terguling Seperti Pada Film Mr. Bean

Liputan6.com, Jakarta - Bagi penggemar serial komedi Mr Bean, pasti tidak asing dengan Relian Robin. Ya, mobil roda tiga yang dibenci oleh sang tokoh utama, dan seringkali menjadi bahan keisengan sampai terguling oleh tokoh yang diperankan oleh Rowan Atkinson tersebut.

Dilansir Carbuzz, Robin sendiri merupakan mobil garapan dari pabrikan otomotif, Reiant Motor Company, di Taworth, Inggris. Mobil ini, seringkali terguling karena bersinggungan dengan Mini Cooper Mr Bean. Lalu, benarkah memang mobil ini gampang terguling karena hanya memiliki tiga roda?

Tidak ingin terpengaruh tipu daya serial komedi, Jeremy Clarkson lantas membuktikan langsung kemampuan pengendalian si mobil roda tiga itu.

Mantan pembawa acara program otomotif Top Gear mengungkapkan dalam artikelnya di The Sunday Times, mobil ini tidak seperti dalam film yang gampang oleng dan terguling ketika dikendarai.

Mobil ini mudah terguling karena untuk keperluan hiburan semata. Ada modifikasi yang harus dilakukan, yaitu sistem kemudi yang diubah sehinga sedikit saja setir dibelokkan, mobil langsung oleng dan terguling.

"Mobil akan mudah terguling tiap saya memutar roda kemudi," jelas Clarkson, beberapa tahun lalu saat mencoba langsung Reliant Robin.

2 of 2

Tidak Mudah Terguling

Menurutnya, justru Reliant Robint cukup stabil dan tidak mudah terguling. "Saya suka Reliant Robin, begitu pula Richard Hammond, James May dan Andy Wilman (rekannnya di Top Gear). Saya akan membeli satu sebagai mobil operasional perusahaan yang kami dirikan," papar Clarkson.

Mobil tiga roda ini pada awalnya bermesin 750 cc. Tenaga yang dihasilkan menccapai 32 Tk. Untuk mencapai 80 km/jam butuh 22 detik. Lantas mesinnya menjadi 850 cc pada 1975.

Serial komedi Mr Bean sendiri saat ini sering diputar stasiun televisi swasta, terlebih saat libur Natal dan Tahun Baru seperti sekarang.

Lanjutkan Membaca ↓