Ciri-Ciri Fuel Pump Mobil Mulai Lemah

Oleh Dian Tami Kosasih pada 25 Des 2019, 08:01 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 08:01 WIB
Fuel Pump
Perbesar
Merupakan komponen dengan tugas penting, fuel pump harus memompa bahan bakar dari tangki menuju ke mesin. (Suzuki Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pemilik kendaraan mungkin tak mengatahui secara rinci komponen yang terdapat pada mobil beserta fungsinya, salah satunya fuel pump.

Merupakan komponen dengan tugas penting, fuel pump harus memompa bahan bakar dari tangki menuju ke mesin.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada komponen ini ialah tersumbat oleh endapan kotoran dari tangki bahan bakar karena kualitas bahan bakar yang buruk.

Ada baiknya pemilik mobil mengetahui tanda atau gejala fuel pump mulai mengalami masalah, seperti dilansir Suzuki Indonesia.

Gejala yang dirasakan oleh seluruh pemilik mobil umumnya hampir sama, yakni mesin akan terasa brebet atau terasa kosong (tidak mau berakselerasi) saat kendaraan sedang melaju meski pedal gas sudah diinjak.

Tak hanya itu, mesin bisa secara tiba-tiba mati. Mesin brebet disebabkan tekanan pompa yang menurun drastis sehingga pasokan bahan bakar ke ruang mesin tidak mencukupi untuk melakukan pembakaran yang sempurna.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Segera Hubungi Bengkel Resmi

Karena itu, mesin akan terasa "ndut-ndutan" sebelum mati total atau tidak bisa dihidupkan kembali. Meski demikian, mesin tiba-tiba mati juga bisa terjadi tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Apabila kejadian ini terjadi pada Anda, sangat disarankan untuk tidak terus memaksa untuk menghidupkan mesin. Lebih baik jika segera hubungi layanan mobile service dari bengkel resmi.

Lanjutkan Membaca ↓