6 Panduan Penting Sebelum Beli Motor Baru

Oleh Liputan6.com pada 23 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 07:00 WIB
Astra Honda Motor
Perbesar
PT Astra Honda Motor resmi meluncurkan all new Honda BeAT (Yongki/Liputan6)

Liputan6.com, Jakarta - Pergantian tahun bisa dijadikan momen untuk membeli sepeda motor baru. Selain tampil beda, membeli motor impian bisa menjadi motivasi mengawali tahun 2020.

Tak sekadar berdasarkan tampangnya saja, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli sepeda motor baru. Seperti memperhatikan postur tubuh dan medan jalan yang dilalui juga harus menjadi pertimbangan.

"Penggunaan motor harus disesuaikan dengan medan dan kondisi sehari-hari yang dilalui, atau disesuaikan dengan kebutuhannya. Sehingga, harus dicermati betul saat proses memilih dan membeli motor.Pengalaman menggunakan motor dapat mendukung aktivitas penggunannya dan tanpa menjadi beban," ujar Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto.

Agar sepeda motor yang dibeli cocok dan nyaman dikendarai, Oke menyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari Berikut hal mudah yang harus diperhatikan saat memilih motor :

1. Kebutuhan

Misalnya, menyesuaikan kebutuhan penggunaan motor sehari-hari seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar jemput anak, sekolah, berkomunitas atau bahkan hobi. Kebutuhan bisa diartikan secara ringkas yaitu fungsional, mengutamakan fungsi, praktis dan kebergunaan tinggi, hobi dan kompetisi balap atau dekoratif.

2. Kondisi Jalan yang Sering Dilalui

Motor disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui sehari-hari. Misalnyal jalan dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar, melewati jalanan macet, dan sebagainya. Hal ini menentukan profil ban, kehandalan suspensi, dan ketinggian motor dari tanah.

Kemudahan mengendalikan motor berhubungan dengan posisi berkendara sehingga membantu anda lebih siap melaluinya dan tentunya aman dan menyenangkan.

 

2 dari 3 halaman

3. Dimensi Kendaraan

Dimensi ini juga menentukan kemudahan dan kepraktisan dihubungkan dengan kepadatan di jalan dan ruang yang selalui dilalui. Sangat berhubungan dengan kemudahan dan praktis.

4. Biaya Operasional BBM

Kemampuan jarak jelajah motor, kapasitas tangki dan nilai ekonomis operasional motor juga penting diperhatikan saat memilih motor karena alasan fungsional. Alasan kompetisi atau hobi tidak masalah dengan hal ini.

 

3 dari 3 halaman

5. Fitur Pendukung Kegiatan Sehari-hari

Fitur atau karakter atau fasilitas yang ditawarkan sebagai keunggulan sepeda motor membantu mempermudah kegiatan berkendara, menunjang kegiatan berkendara dan aktivias sehari-hari.

Contohnya yang berhubungan dengan keselamatan yaitu fitur kombinasi pengereman depan dan belakang, indikator ECO memudahkan kita memantau hemat bahan bakar dan bagasi yang membantu beraktivitas sehari-hari dalam membawa barang bawaan, dan sebagainya.

6. Kemampuan Berkendara

Kemampuan berkendara dimaksudnya berhubungan dengan berat kendaraan, besarnya cc kendaraan dan postur kendaraan. Makin besar dimensi motor atau cc kendaraan dipastikan membutuhkan kemahiran agar dalam mengendalikan sepeda motor agar aman dan nyaman sehingga bisa merasakan kenikmatan berkendara.

"Dari sudut pandang safety riding, memilih membeli sepeda motor yang tepat secara fungsi dan kebutuhan penggunanya sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan di jalan raya. Jika kita memilih kendaraan tanpa mempertimbangkan postur, akan berakhir dengan kesulitan mengendalikan kendaraan bermotor. Bahkan di beberapa kasus, ada yang memilih motor dengan cc besar tapi belum mahir berkendara, sehingga menyebabkan rawan terjadi kecelakaan," imbuh Oke.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓