Sukses

Dua Merek Helm Lokal Akhirnya Boleh Dipakai Pembalap MotoGP

Liputan6.com, Jakarta - Dua merek helm asal Indonesia akhirnya lolos homologasi MotoGP. Akhirnya merek helm lokal ini bisa digunakan di ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Sebelumnya, Federatione Internationale de Motocyclisme (FIM) pada Juni lalu melarang penggunaan dua merek helm asal Indonesia untuk digunakan dalam ajang MotoGP 2019.

Setidaknya ada 4 pembalap yang harus rela tak menggunakan helm sponsor mereka. Andrea Dovizioso dan Franscesco Bagnaia selama ini menggunakan helm Suomy, anak perusahaan KYT.

Selain itu, ada juga Aleix Espargaro yang disponsori KYT dan mantan rider Reale Avintia Ducati, Karel Abraham, yang selama ini menggunakan merek NHK.

Namun, kedua merek helm asal Indonesia, kini telah terdaftar di situs resmi FIM Racing Homologation Programme (FRHP). Artinya KYT dan NHK telah lolos standar homologasi dan layak digunakan di berbagai ajang balap, termasuk MotoGP

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baru Satu Tipe yang Lolos

Berdasarkan situs tersebut, KYT berhasil meloloskan 1 modelnya, yakni KYT NZ-Race. Sedangkan NHK juga mendapat sertifikasi untuk 1 tipe, yaitu MHK GP-R Tech. Suomy SR GP pun kini telah boleh digunakan di MotoGP.

Kedua merek helm Indonesia itu telah diuji sesuai dengan standar FIM, mulai secara linier, miring, hingga tekanan secara terus-menerus guna memastikan keselamatan dan kemanan yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini