6 Fakta Menarik Toyota 2JZ, Mesin Legendaris Andalan Supra

Oleh Liputan6.com pada 20 Des 2019, 04:03 WIB
Diperbarui 20 Des 2019, 04:03 WIB
Toyota Supra Twin Turbo
Perbesar
Foto: Mitula.net

Liputan6.com, Jakarta - Mesin Toyota 2JZ sudah sangat akrab dengan Toyota Supra. Mesin tersebut memiliki performa buas dan potensi yang cukup besar.

Sebenarnya, apa yang membuat mesin Toyota 2JZ ini melegenda dan bagaimana sejarahnya? Mengutip dari Jalopnik.com, berikut 6 fakta menarik mesin Toyota 2JZ :

1. Pertumbuhan Ekonomi

Industri otomotif Jepang pada awal 1990-an mengawali perkembangan pesat. Hal itu tak terlepas dari "bubble economy" atau pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat di Negeri Matahari Terbit.

Berbagai pabrikan, termasuk Toyota, pun terpacu untuk menciptakan mobil yang mengusung mesin istimewa. Karena itu, mereka menghadirkan dapur pacu berkode 2JZ ini pada tahun 1991.

2. Penerus 1JZ

Seperti kodenya, mesin 2JZ adalah penerus dari generasi sebelumnya, 1JZ. Dapur pacu ini digunakan pada Toyota Chaser, Toyota Cresta, dan Toyota Crown.

Sebenarnya mesin ini hanya terpasang pada mobil Toyota yang khusus beredar di Jepang atau Japanese Domestic Market (JDM). Hanya saja, popularitasnya naik saat Toyota Supra A80 tampil di film Fast & Furious.

2 dari 3 halaman

3. Punya 2 Varian

Mesin 2JZ sebenarnya memiliki 2 varian, yaitu GE dan GTE. Perbedaan antara keduanya terletak pada bahan yang digunakan, seperti piston, exhaust manifold, dan oil squirter.

Pada varian 2JZ-GE, tenaga yang dihasilkan mencapai 280 Tk. Namun, 2JZ-GTE menyemburkan daya yang lebih besar, 320 Tk. Tipe inilah yang kemudian tertanam pada Toyota Supra MkIV A80.

4. Figur Akselerasi

Lengkapnya, mesin 2JZ memiliki konfigurasi 6-silinder inline berkapasitas 3.000 cc dan dilengkapi twin-turbocharger.

Dengan tenaga 320 Tk dan torsi 427 Nm, mesin 2JZ mampu membuat Toyota Supra berakselerasi dari 0-100 dalam waktu kurang dari 5 detik.

 

3 dari 3 halaman

5. Tembus 1.000 Tk

Tak berhenti sampai situ, Toyota 2JZ memiliki komponen yang sangat kuat, seperti crankshaft dan main bearing. Hal inilah yang membuatnya berpotensi menjadi lebih kencang.

Jika berada di tangan mekanik yang tepat, hasil modifikasi mesin 2JZ bisa membuatnya menyemburkan tenaga hingga 1.000 Tk, nyaris 3 kali lipat dari daya aslinya.

6. Picu Perdebatan

Performa dan potensi ini sukses membuat Toyota Supra dan mesin 2JZ menjadi legenda. Karena itu, Toyota Supra A90 yang dibangun bersama BMW menuai pro dan kontra.

Ya, generasi terbaru Toyota Supra yang juga beredar di Indonesia dibekali mesin dari BMW dengan kode B58. Meski demikian, dapur pacu ini tetap kencang dengan tenaga 335 Tk dan torsi 495 Nm.

Sumber: Otosia.com

Lanjutkan Membaca ↓