Sukses

Murah Meriah, 5 Bahan Rumahan Ini Ampuh untuk Membersihkan Mobil

Pemilik mobil bisa memanfaatkan 5 bahan yang ada di rumah, dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari untuk membersihkan mobil

Liputan6.com, Jakarta - Merawat atau membersihkan mobil wajib dilakukan para pemilik kendaraan. Dengan begitu, roda empat kesayangan tetap kinclong dan enak dilihat.

Tapi, membersihkan mobil ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan membawa ke tempat pencucian mobil, atau perawatan dengan harga yang mahal. Pemilik mobil bisa memanfaatkan 5 bahan yang ada di rumah, dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dilansir Auto2000, berikut 5 bahan yang ada di rumah yang bisa digunakan untuk membersihkan mobil:

1. Pasta Gigi

Kendaraan memang tak memiliki gigi selain roda-roda gigi. Namun, pasta gigi bisa sangat bermanfaat jika digunakan untuk membersihkan mobil, seperti kaca lampu mobil.

Caranya, oleskan pasta gigi ini secara merata di kaca lampu depan, lalu gosok perlahan dengan bahan kaos lembut dengan gerakan memutar hingga lapisan buram yang menempel hilang. Tapi, perlu diingat juga untuk tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih karena bisa merusak kaca lampu mobil.

2. Mayonaise

Mayonaise bukan hanya bisa dipakai untuk melapisi roti saja, tapi bisa Anda gunakan untuk menghilangkan noda yang menempel di mobil. International Aero, sebuah perusahaan besar penyedia jasa layanan pembersih pesawat terbang ternyata memanfaatkan mayonaise untuk menghilangkan tar atau noda, seperti bekas getah atau aspal.

Jika kita ingin menggunakan mayonaise untuk menghilangkan noda, maka pakaikanlah sedikit mayonaise ke mobil yang terkena noda selama 10 menit. Setelah itu, kita bisa menggosoknya sampai hilang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tisu Basah

3. Baby Wipes

Baby wipes atau lap bayi bukan hanya untuk menjaga bayi agar tetap bersih, tapi juga ampuh untuk membersihkan dashboard di mobil kita.

Kelembapan bahan ini lebih efektif dibandingkan dengan kain kering. Bahan ini juga memiliki lapisan anti-static yang mencegah debu menempel kembali di dashboard dalam jangka waktu lebih lama.

4. Cairan Pembersih Cat Kuku

Jika kita parkir di bawah pohon dalam beberapa jam, biasanya jendela akan dipenuhi bintik-bintik akibat terkena getah pohon. Hal tersebut bisa kita bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih cat kuku.

Tapi, hati-hati menggunakannya, jangan sampai terkena cat mobil Anda. Cara aman yang bisa kita gunakan yaitu membersihkannya dengan menggunakan handuk dan menggosoknya dengan lembut.

5. Cooking Spray

Cooking spray adalah cara yang mudah dan cepat untuk menjaga makanan agar tidak lengket dengan panci atau wajan. Tapi, cooking spray juga bisa kita gunakan untuk menjaga agar debu tidak menempel di pelek kendaraan.

Beberapa pelek memiliki desain yang rumit sehingga menyulitkan kita untuk menjaganya agar tetap bersih. Untuk itu, kita bisa menyemprotkan cairan cooking spray pada pelek yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.