Sukses

Cara Mudah Cegah Busi Kemasukan Air di Musim Hujan

Sudah mulai memasuki musim penghujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, pengendara motor diharap selalu hati-hati karena kondisi jalan yang lebih licin karena basah.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah mulai memasuki musim penghujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, pengendara motor diharap selalu berhati-hati karena kondisi jalan licin karena basah dan jarak pandang lebih terbatas.

Selain dari sisi keselamatan, pengendara juga harus memperhatikan kondisi kendaraan ketika berkendara saat hujan atau melewati genangan air.

Jangan sampai air masuk ke sela-sela komponen kelistrikan, terutama busi. Hal ini menjadi penyebab utama motor mati secara tiba-tiba alias mogok.

Air bisa saja masuk melalui sela-sela cop atau yang disebut sebagai cangklongan busi. Ada beberapa cara mudah mencegah air masuk dalam komponen kelistrikan terutama kabel koil dan cop busi, seperti dilansir Federal oil, Selasa (17/12/2019)

Cara pertama ialah menutup sambungan antara kabel koil dan cop busi dengan sealer. Karet ini bisa menutupi sela, sehingga air dapat dicegah masuk ke antara koil dan cop busi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerapatan Cop Busi

Selalu perhatikan kerapatan cop busi.  Menjadi salah satu penyebab air hujan mudah masuk ke dalam busi, pemilik kendaraan diharapkan mengecek komponen ini terlebih dahulu sebelum berkendara. 

Agar celah semakin sempit, pengendara bisa menggunakan cop busi yang memiliki bibir karet rapat. Salah satu contoh cop busi yang sangat rapat terdapat pada Yamaha Mio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini