Sukses

Terungkap, Honda CB150 Verza Bergaya Neo Retro

Rencana Honda meluncurkan motor neo klasik di kelas entry level dapat terlihat dari gambar paten yang bocor di dunia maya. Gambar tersebut memperlihatkan sepeda motor berkapasitas kecil dan berpendingin udara. Kemungkinan basisnya Honda CB150 Verza buatan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Rencana Honda meluncurkan motor neo klasik di kelas entry level dapat terlihat dari gambar paten yang bocor di dunia maya. Gambar tersebut memperlihatkan sepeda motor berkapasitas kecil dan berpendingin udara. Kemungkinan basisnya Honda CB150 Verza buatan Indonesia.

Honda saat ini memang tengah mengedepankan desain neo retro pada model-model naked bikenya. Honda CB1000R, Honda CB650R, Honda CB300R dan Honda CB150 Xmotion adalah beberapa contohnya. Sepertinya, prinsipal sedang mempertimbangkan menyajikan entry level yang lebih greget ketimbang Verza. Dilansir Bikedekho, produsen motor berlogo ‘Sayap Mengepak’ ini, boleh jadi menggunakan basis Honda Verza yang ada di tanah air.

Dari sketsa yang terlihat, model baru ini disiapkan dengan aura klasik nan modern yang khas. Headlamp dan kaca spion bundar, tangki berkarakter klasik, pelat pelindung mesin, knalpot besar menjulang ke atas, bagian buritan yang pendek, swing arm dengan monoshock dan bodywork minimalis. Apakah ini jawaban Honda atas hadirnya Yamaha XSR 155?

Pencahayaan utama motor yang diduga berbasis Honda CB150 Verza ini mengandalkan teknologi LED. Dibagi menjadi dua bagian, disematkan DRL (Daytime Running Light) setengah lingkaran. Sein dan stoplamp dibuat minimalis, ada dugaan menggunakan lampu dioda. Sesuai tema retro, di atas batok lampu ada panel instrumen bulat. Kemungkinan mengusung full LED.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mempertimbangkan Tampilan

Insinyur dan desainer Honda benar-benar mempertimbangkan tampilan untuk model barunya. Beberapa ornamen kecil juga dihitung matang. Ada shroud di bawah tangki, yang punya bentuk beda di sisi kanan maupun kiri. Sisi kiri bentuknya seperti huruf ‘L’ kebalik, kanan shroud berlubang untuk mengalirkan udara ke mesin.

Sentuhan rapi lainnya, ada bodi yang dibentuk menjadi satu kesatuan. Joknya model tandem dengan sedikit perbedaan tinggi di pengemudi dan pembonceng. Stang lebar dengan tambahan raiser tinggi, untuk mendapatkan posisi riding yang tegak. Bodi belakang dibuat pipih, jadi nampak kosong. Sementara untuk dudukan pelat nomor, bisa terpasang di mudguard. Knalpot dirancang menjadi gemuk, menambah daya tarik motor secara keseluruhan.

Penopang kaki sedikit ke belakang, untuk memberikan posisi riding yang sporty. Frame mengandalkan tipe Diamond Truss, persis punya CB150 Verza. Paling mencolok penggunaan suspensi upside down bagian depan. Belakangnya mengenakan monoshock yang menempel di swingarm kotak, untuk menjaga biaya tetap terjangkau. Peleknya model racing dengan model lebar. Sementara pengereman sudah memakai cakram depan maupun belakang. Pakai jenis bergelombang agar cepat melepas panas.

 

3 dari 3 halaman

Belum Ada Spesifikasi Teknis

Karena baru gambarnya yang dipatenkan, belum ada kabar soal spesifikasi teknis motor ini. Namun melihat mesinnya yang tak dilengkapi radiator, tak heran jika basisnya memang Verza. Seperti diketahui, naked bike entry level Honda di Indonesia terbagi pada dua model, CB150 Verza dan CB150R Streetfire. Model CB150R, pakai radiator dan mesin pun lebih jumawa.

Terkait harga juga tentunya sulit diprediksi. Tak ada informasi juga ke negara mana model ini bakal dijual sebagai inisiasi. Hingga kini, Honda belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai model yang gambar patennya sudah bocor

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.