Sukses

Kaleidoskop Otomotif 2019: Pabrik Esemka Akhirnya Diresmikan Jokowi

Tahun 2019 diwarnai dengan berbagai kejadian unik dan menarik di dunia otomotif. Peristiwa tersebut tak selalu berkaitan dengan mobil atau motor baru

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2019 diwarnai dengan berbagai kejadian unik dan menarik di dunia otomotif. Peristiwa tersebut tak selalu berkaitan dengan mobil atau motor baru, misalkan saja Marc Marquez yang bermain angklung di kota Bandung saat Februari 2019 lalu. 

Kejadian unik lainnya adalah saat petugas kantor pajak kendaraan samsat yang berburu penunggak pajak mobil mewah pada Januari 2019. Tak tanggung-tanggung, perburuan tersebut menemukan bahwa 3 mobil mewah ternyata beralamatkan di gang sempit.

Tahun 2019 ini pun menjadi saksi kelahiran motor listrik Gesits yang meluncur dengan harga resmi di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu. 

Selain 3 peristiwa menarik yang telah disebutkan sebelumnya, berikut peristiwa menarik sepanjang 2019 dalam Kaleidoskop 2019 kanal otomotif Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Januari: Pemilik Mobil Mewah di Gang Sempit

Harga sebuah mobil mewah bisa mencapai miliaran rupiah atau lebih mahal dari harga rumah. Namun, di bulan Januari terdapat 3 mobil mewah yang beralamatkan di gang sempit.

Petugas kantor pajak kendaraan samsat menyambangi gang sempit di jalan Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat. Hal tersebut dilakukan dalam rangka memburu penunggak pajak mobil mewah.

Baca selengkapnya di sini.

3 dari 13 halaman

Februari: Marc Marquez Main Angklung di Bandung

Selain jago menaklukkan tikungan di sirkuit, Marc Marquez rupanya memiliki bakat tersembunyi lainnya, misalkan saja main angklung.

Marc Marquez berkunjung ke Bandung untuk menjalankan serangkaian acara. Selain menyapa penggemarnya, Marquez juga bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meluncurkan 5 moge terbaru Honda, dan yang terakhir adalah bermain angklung di Saung Angklung Mang Udjo, Padasuka, Bandung.

Baca selengkapnya di sini.

4 dari 13 halaman

Maret: Kepergian Sang Raja Modifikasi

Menyandang status raja motor kustom, nama Arlen Ness tentu tak asing bagi pencinta dunia modifikasi, khususnya kendaraan roda dua.

Arlen Ness meninggal pada usia 79 tahun, tepatnya pada tanggal 22 Maret 2019. Pria kelahiran 12 Juli 1939 tersebut sudah aktif melakukan modifikasi sejak tahun 1960-an terutama motor Amerika Serikat, Harley-Davidson.

Baca selengkapnya di sini.

5 dari 13 halaman

April: Harga Resmi Motor Listrik Gesits

Motor listrik Gesits akhirnya resmi meluncur di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu. Motor listrik karya anak bangsa ini pun sudah bisa dipesan oleh konsumennya.

Setelah berberapa kali mundur, baik peluncuran maupun pengumuman harga, Gesits akhirnya resmi memiliki harga. Sayangnya, harga yang ditampilkan masih berstatus off the road.

Baca selengkapnya di sini.

6 dari 13 halaman

Mei: Raisa yang Bikin Demonstran Mual-Mual

Selain menggunakan gas air mata dan watercannon, untuk mengurai massa yang rusuh. Polisi juga memiliki kendaraan gagah bernama Raisa. Merupakan singkatan dari 'Pengurai Massa', mobil ini sering kali terlihat di acara-acara penting seperti Pemilu dan Debat Presiden.

Brigpol Nasaruddin, anggota Direktorat Sabhara Polda Sulawesi Selatan, mengatakan bahwa Raisa sengaja disiapkan untuk mengurai massa jika saja terjadi kericuhan.

Baca selengkapnya di sini.

7 dari 13 halaman

Juni: Mobil Ini Menjadi Saksi Kisah Song Joong Ki dengan Song Hye Kyo

Kabar mengejutkan datang dari Song Joong Ki dan Song Hye Kyo. Pasangan artis Korea Selatan tersebut dikabarkan segera bercerai.

Padahal, Song-Song Couple bahkan diidolakan tak hanya oleh penduduk Korea Selatan. Di Indonesia pun Song-Song Couple punya banyak penggemar.

Baca selengkapnya di sini.

8 dari 13 halaman

Juli: GIIAS 2019 Banyak Kejutan

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 berlangsung 18-28 Juli di ICE, BSD, Tangerang, Banten.

Secara total, terdapat 33 peluncuran model baru dan tujuh mobil konsep yang menghiasi GIIAS 2019.

Baca selengkapnya di sini

9 dari 13 halaman

Agustus: Mobil Dinas Terbaru Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) resmi mendapatkan mobil dinas baru, yaitu Mercedes-Benz S 600 Guard. Kendaraan mewah asal Jerman tersebut, menggantikan model sebelumnya Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard yang sudah digunakan sejak era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dalam pemilihan mobil dinas kepresidenan yang baru ini dilakukan dengan penunjukan langsung, mengingat diperuntukkan bagi pengamanan Presiden dan Wakil Presiden. Hal tersebut, berbeda dengan pengadaan mobil dinas baru untuk menteri dan pejabat setingkat menteri yang dilakukan dengan tender atau lelang.

Baca selengkapnya di sini

10 dari 13 halaman

September: Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Esemka

Presiden Joko Widodo menghadiri Launching Produk dan Fasilitas Produksi PT Solo Manufaktur Kreasi ( Esemka ) di yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah, pada hari ini (6/9).

Presiden didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pencetus mobil Esemka Sukiyat, Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja lainnya. Dia melakukan penekanan tombol sebagai tanda diluncurkannya produk mobil niaga Esemka jenis pick up Bima 1.200 cc dan Bima 1.300 cc.

Baca selengkapnya di sini

11 dari 13 halaman

Oktober: Suguhan Baru Kustomfest 2019

Ada sesuatu yang baru dari gelaran Kustomfest 2019 yang berlangsung 5-6 Oktober 2019. Untuk pertama kalinya, Kustomfest menggelar flat track race.

Yayack Priyo Wibowo selaku Kustomfest Flat Track Race Director mengatakan, flat track race ini sebenarnya sudah lama ingin dihadirkan. Terlebih hubungan flat track dengan motor kustom begitu lekat.

Baca selengkapnya di sini

12 dari 13 halaman

November: Lahirnya Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Selasa, 12 November 2019 di Jakarta.

Indonesia menjadi negara pertama yang mendapatkan model ini, lalu menyusul kemudian ke pasar otomotif di negara ASEAN lainnya.

Mitsubishi Xpander Cross menjadi varian tertinggi di keluarga Xpander yang telah terjual sebanyak lebih dari 140.000 unit sejak peluncuran perdana saat Agustus 2017 silam.

Baca selengkapnya di sini

13 dari 13 halaman

Desember: Tol Layang Jakarta-Cikampek Bergelombang Bikin Waswas

Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II (elevated) dibuka untuk pengguna jalan mulai Minggu, 15 Desember 2019, pukul 06.00 WIB. Untuk sementara waktu, jalan tol layang ini dioperasikan tanpa tarif.

"Pengguna jalan, khususnya yang menempuh jarak jauh, dapat mulai menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (elevated) yang membentang dari Simpang Susun Cikunir hingga Karawang Barat tanpa tarif untuk sementara waktu," terang Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Dwimawan Heru.

Baca selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini