MPV dengan Dukungan Komponen Global Mengusir Rasa Khawatir

Oleh Septian Pamungkas pada 13 Des 2019, 16:04 WIB
Diperbarui 13 Des 2019, 16:04 WIB
Wuling Cortez CT

Liputan6.com, Jakarta - Multi purpose vehicle (MPV) menjadi jenis kendaraan yang begitu diminati di pasar otomotif Indonesia. Kendaraan keluarga ini jadi pilihan karena fungsinya yang dianggap serbaguna, dan harga yang ditawarkan relatif terjangkau.

MPV disebut sebagai kendaraan yang serbaguna karena mampu menampung banyak penumpang maupun barang dibanding kendaraan lain, seperti hatchback maupun sedan. Seperti diketahui, masyarakat Indonesia suka bepergian dengan mengajak sanak saudara serta membawa barang bawaan yang banyak pula.

Dari segi struktur pajak, MPV tidak semahal sedan. Karenanya, harga jual MPV dianggap tidak terlalu memberatkan.

Di pasar nasional, segmen MPV masih didominasi oleh brand Jepang. Meski demikian, brand lain mulai mencoba peruntungan. Salah satunya adalah Wuling Motors.

Sejauh ini Wuling Motors memiliki dua produk MPV yakni Confero dan Cortez. Dan model paling baru adalah Cortez CT Turbo yang merupakan varian tertinggi di keluarga Cortez.

Sejak menapakkan rodanya di Tanah Air, produk asal Tiongkok ini kerap dipandang sebelah mata, bahkan dibanding-bandingkan dengan produk Jepang. Hal ini wajar karena segmen ini memang dikuasai brand dari Negeri Matahari Terbit tersebut.

Melalui Cortez CT Turbo, Wuling mencoba membuktikan jika produknya memiliki kapasitas yang tidak main-main.

Wuling mengklaim MPV-nya tersebut mengadopsi global support dan menggunakan komponen-komponen dari brand-brand ternama.

 

2 dari 2 halaman

Daftar Vendor

Disebutkan, sejumlah brand kawakan menjadi vendor Cortez CT Turbo. Sebagai contoh Bosch yang menyokong komponen pada sistem Continuosly Variable Transmission (CVT) Cortez CT.

Selain itu, pabrikan Jerman tersebut juga menyokong komponen electronic stability control (ESC).

Terdapat pula pemasok komponen otomotif dari Amerika Serikat (AS), Nexteer, yang menjadi penyuplai fitur electronic power steering (EPS). Lalu Continental perusahaan asal Jerman yang memasok engine control unit (ECU).

Dari sisi mesin, Honeywell dari AS sebagai spesialis turbo menjadi penyuplai turbocharger Cortez CT Turbo. Perusahaan AS lainnya yang menjadi pemasok komponen bagi Cortez CT adalah TRW Automotive yang memasok komponen electric parking brake (EPB).

Dari sisi keselamatan, MPV tujuh penumpang ini menggunakan produk airbag dan side airbag buatan perusahaan komponen dari Swedia, Autoliv. Sementara Goodyear dari AS menjadi pemasok ban.

Lanjutkan Membaca ↓