Sukses

Mobil Listrik Ini Mulai Diuji Sebagai Armada Taksi Online

Bekerjasama dengan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), perusahaan transportasi online ini menggunakan Hyundai Ioniq

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan kendaraan ramah lingkungan bakal berkembang di Indonesia, baik dalam jangka waktu cepat ataupun lambat. Berbagai pihak sudah melakukan uji coba terkait penggunaan mobil atau motor beremisi rendah ini, termasuk Grab Indonesia.

Bekerjasama dengan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), perusahaan transportasi online ini menggunakan Hyundai Ioniq yang dioperasikan sebagai layanan mobilitas kendaraan listrik.

Kemitraan kedua perusaan tersebut, diresmikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan, dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Bambang Brodjonegoro.

Kehadiran Hyundai Ionic Electric juga menandai awal perjalanan Hyundai dan Grab Indonesia untuk menghadirkan solusi mobilitas ramah lingkungan di negara ini. Pada tahap awal kemitraan, Grab Indonesia akan mengoperasikan 20 unit Hyundai Ionic Electric di DKI Jakarta pada awal tahun 2020 mendatang.

"Kami sangat senang terhadap Hyundai - investor dan mitra strategis yang berharga yang memiliki kesamaan visi dan keinginan dengan kami untuk mengembangkan ekosistem EV dan mendefinisikan kembali pasar mobilitas masa depan, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh Asia Tenggara," jelas Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (13/12/2019).

Selain itu, Grab sengaja meluncurkan kendaraan listrik di akhir tahun 2019. Hal itu supaya menjadi awal baru dalam membangun ekosistem EV pada tahun selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama dengan pabrikan lain

Adapun jenis kendaraan yang diluncurkan yakni mobil dan motor. Untuk kendaraannya Grab bekerja sama dengan produsen mobil Hyundai, Astra Honda Motor (AHM), dan Gesits, untuk meluncurkan uji coba kendaraan listrik di wilayah Jabodetabek.

Dirinya berharap, upaya ini bisa mendorong teknologi Indonesia dan menciptakan bengkel elektrik juga. Hal ini menjadi suatu langkah hijau dari Grab untuk menghidupkan keadaan hijau di Indonesia dengan menekan nol persen polusi dan meningkatkan 100 persen kendaraan listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini